PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUMATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN

  • Rifdatun Nufus Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, instrumen penilaian sumatif

Abstract

Salah satu bentuk penilaian yang masih dipertahankan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka adalah penilaian sumatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan instrumen penilaian sumatif yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini mengikuti alur ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis dilakukan terhadap validitas empiris, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, dan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Proses pengembangan instrumen penilaian sumatif dilakukan melalui lima tahapan, yaitu tahap analysis untuk mencari informasi terkait keadaan atau situasi di SMK Negeri 1 Banjarmasin, tahap design untuk merancang kisi-kisi dan instrumen penilaian, tahap development untuk mengembangkan kisi-kisi dan butir soal yang sudah dirancang, tahap implementation untuk mengetahui respons peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan mendapatkan tingkat validitas serta reliabilitas pada uji coba lapangan, serta tahap evaluation untuk dapat memperbaiki produk instrumen penilaian sumatif. (2) Hasil analisis validitas empiris memperoleh 18 butir soal dalam kategori valid dan 2 tidak valid. Hasil analisis reliabilitas memperoleh nilai koefisien 0,815 dan masuk dalam kategori sangat reliabel.

References

Angko, N., & Mustaji, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model ADDIE Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan, 1(1). https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v1i1.1

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. (Edisi Revisi). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.

Badan Standar, Kurikulum, dan Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Indonesia. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/

Fatimah, L. U., & Alfath, K. (2019). Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 8(2), 37-64.

Ferita, R. A., & Fitria, M. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Pilihan Ganda Untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Matematika Peserta didik SMA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1628

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1). https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459

Komarudin & Sarkadi. (2017). Evaluasi Pembelajaran. (Cetakan kedua). Yogyakarta: RizQita Publishing & Printing.

Lestari, W. I., & Putra, E. D. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika menggunakan media pemberian tugas Google Form di masa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129-141.

Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49). https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Pasani, C. P., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika: Pengelolaan Penilaian yang Holistik. Malang: Inteligensi Media.

Prabowo, H. (2019). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan. Jurnal Universitas Negeri Padang, 3(1).

Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.

Rizal, M., Rifky, A., Dharmawan, A., Kusuma, W., Fatiehurrizqie, M., Arifin, M. Z., Pasani, C. F., & Budiarti, I. (2019). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Soal Hots Matematika Untuk Peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Kelas X. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), 978 – 623 – 7533 – 11 – 5.

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55-72. https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72

Soesilo, A., & Munthe, A. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231-243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Published
2024-03-11
How to Cite
Nufus, R., Pasani, C., & Kamaliyah, K. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUMATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK NEGERI 1 BANJARMASIN. JURMADIKTA, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v4i1.1827
Section
Articles