MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI BERBANTUAN AFTER EFFECT PADA MATERI SPLDV

  • Isyatir Radiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Kamaliyah Kamaliyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Media Pembelajaran, SPLDV, Video Animasi

Abstract

Sifat abstrak pada pembelajaran matematika membuat media pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa membutuhkan pendekatan yang ada visualisasinya, konkret, dan pada kehidupan sehari-hari bisa digunakan. Video animasi yang dibuat dengan bantuan After Effects merupakan satu diantara media pembelajaran matematika lainnya. Media pembelajaran matematika berbasis video animasi berbantuan after effect pada materi SPLDV bertujuan buat melihat kevalidan. Penelitian ini memakai model Borg and Gall versi modifikasi dibagi lima bagian ialah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Lembar validasi diaplikasikan untuk tes validasi pada cara pengumpulan data penelitian ini. Tes validasi dilangsungkan pada dua ahli materi dan satu ahli media. Berlandaskan penilaian oleh ahli materi ditemukan kategori sangat valid dengan nilai 3,1 serta penilaian oleh ahli media ditemukan kategori dangat valid dengan nilai 3,5.

References

Agsutini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27. doi:https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2568

Aprilla, C. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik Untuk Meningkatkan KeterampilanPemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 52-62. doi:https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.30042

Ardiansyah, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Google Form Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas X Multimedia Di SMK Islam Perti Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 102-106. doi:https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.339

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96.

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 6(1), 499-505. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1

Fitri, A., & Amelia, W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Gunung Sahari Utara 01 Pagi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 945-956. doi:https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1199

Gusti, A. G., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Lagu Rumus Matematika Berbasis Audio Player Untuk Kelas VI Sd/Sederajat. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(3), 140-152. doi:https://doi.org/10.46306/lb.v1i3.28

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastusi, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal:Jurnal Matematika, 1(1), 101-106. doi:https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.2036

Novalia, & Anum, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 87-94). Bandar Lampung: Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Riva'i, Z., Ayuningtyas, N., & Dhany, A. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 106-119. doi:http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2277

Septiawan, S., & Abdurrahman. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret XI SMA. AKSIOMATIK : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 11-18.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16. doi:http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v4i1.5057

Wahana Komputer. (2010). Panduan Praktis Adobe After Effects CS4 untuk Kreasi Efek Video. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Yanti, C. O., Anggraini, F., & Darwanto. (2019). Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dalam Upaya Menumbuhkan Karakter Siswa. Prosiding SEMNASFIP (pp. 201-206). Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Published
2023-07-31
How to Cite
Radiah, I., Fajriah, N., & Kamaliyah, K. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI BERBANTUAN AFTER EFFECT PADA MATERI SPLDV. JURMADIKTA, 3(2), 60-67. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i2.1824
Section
Articles