PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BILANGAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BUDAYA BANJAR KELAS VIII SMP/MTS

  • Novia Salsabila Hariyadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizki Amalia Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: LKPD, pola bilangan, masalah kontekstual, budaya Banjar

Abstract

Kurangnya ketersediaan bahan ajar matematika di sekolah yang mengaitkan dengan masalah kontekstual membuat para peserta didik kesulitan dalam memahami konsep suatu materi. Bahan ajar berupa LKPD yang digunakan juga tidak terdapat satupun yang mengaitkan materi dengan kebudayaan Banjar. Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika adalah dengan menyediakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah kontekstual budaya Banjar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pada materi pola bilangan berbasis masalah kontekstual budaya Banjar kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari empat tahap, yaitu investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, serta  tes, evaluasi, dan revisi. Uji coba dilakukan kepada 31 peserta didik kelas VIII E SMPN 24 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji validitas oleh dua validator diperoleh rerata sebesar 3,22 dengan kriteria valid. Berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh 3,32 dengan kriteria praktis. Berdasarkan tes hasil belajar diperoleh lebih dari 80% peserta didik mencapai nilai lebih dari sama dengan 75 sehingga dinyatakan efektif. Dengan demikian, dihasilkan LKPD pada materi pola bilangan berbasis masalah kontekstual budaya Banjar kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif.

References

Adha, I., & Refianti, R. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Konteks Lubuklinggau di Tinjau dari Segi Kevalidan dan Kepraktisan. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 35-43.

Akhwan, A., Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa Kelas VII SMPN 1 Gambut. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 159-167.

Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Fitriani, A., Mustami, M. K., & Hamansah, H. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Strategi Motivasi Arcs Materi Sistem Imunitas pada Kelas XI MIA Mamadani Alauddin Pao-pao. AL-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2).

Helmina, H., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Anyaman Purun pada Materi Pola Bilangan untuk Siswa Kelas VIII. JURMADIKTA, 2(2), 38-49.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan: Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika. Jember: Pena Salsabila.

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383-390.

Osin, A. E., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning pada Materi Aritmetika Sosial. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.

Prawestri, E., & Sukoco, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Mercumatika, Vol 2 No. 1.

Rahmawati, H., Karim, K., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP/MTs. JURMADIKTA, 2(3), 20-30.

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Pembelajaran Matematika, 4(7).

Sudijono, A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Published
2023-11-15
How to Cite
Hariyadi, N., Zulkarnain, I., & Amalia, R. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI POLA BILANGAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BUDAYA BANJAR KELAS VIII SMP/MTS. JURMADIKTA, 3(3), 11-22. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1822
Section
Articles