PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA SMP/MTS

  • Siti Tarisa Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Juhairiah Juhairiah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kurikulum merdeka, literasi matematika, profil pelajar Pancasila

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih rendah berdasarkan hasil Programme for International Student Assessment (PISA). Salah satu penyebabnya adalah jarangnya siswa Indonesia diberikan soal-soal berbentuk literasi matematika seperti yang diujikan PISA. Penggunaan konten profil pelajar Pancasila yang menjadi ciri khas pembentukan karakter pada kurikulum merdeka dinilai dapat menarik minat siswa untuk mengerjakan soal literasi matematika sehingga perlahan diharapkan akan meningkatkan kemampuan literasi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal literasi matematika berbasis profil pelajar Pancasila yang valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Tessmer tipe formative research dengan 2 tahap yaitu preliminary dan formative evaluation. Subjek uji coba penelitian adalah 31 siswa kelas IX D SMP Negeri 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon siswa. Produk yang dikembangkan dinilai oleh 3 validator ahli diperoleh skor validitas logis sebesar 3,76 yang masuk dalam kategori valid. Sedangkan validitas empiris butir soal didapatkan 13 soal valid dan 17 soal tidak valid. Uji reliabilitas soal diperoleh skor 0,77 yang masuk dalam kategori reliabel. Penelitian ini menghasilkan 13 soal literasi matematika berbasis profil pelajar Pancasila yang valid dan reliabel.

References

Amalia, A., Rusdi, R., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Soal Matematika Bermuatan HOTS Setara PISA Berkonteks Pancasila. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 01-19.

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Imamuddin, M., Musril, H. A., & Isnaniah. (2022). Pengembangan Soal Literasi Matematika Terintegrasi Islam untuk Siswa Madrasah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Jurnaidi, J., & Zulkardi. (2013). Pengembangan Soal Model Pisa pada Konten Change and Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No 1, 25-42.

Magdalena, I., Fauziah, S. N., Fauziah, S. N., & Nupus, F. S. (2021). Analisis Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesulitan dan Daya Beda Butir Soal Ujian Akhir Semester Tema 7 Kelas III SDN Karet 1 Sepatan. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, Vol. 3, No. 2, 198-214.

Maulana, A., Pasani, C. F., & Juhairiah. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4 Menggunakan Konteks Lahan Basah. Jurmandikta, 2(1): 1-11.

OECD. (2018). PISA 2021 Mathematics Framework (Draft). OECD Publishing.

Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika Pengelolaan Penilaian yang Holistik. Banjarmasin: Inteligensia Media.

Putra, Y. Y., Zulkardi, & Y, H. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Matematika Kreano 7 (1), 10-16.

Sari, N. L. P., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Tes Formatif Segitiga dan Segiempat Berbasis HOTS dengan Konteks Masjid Sultan Suriansyah. Jurmandikta, 2(2):82-90.

Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Published
2023-07-31
How to Cite
Tarisa, S., Pasani, C., & Juhairiah, J. (2023). PENGEMBANGAN SOAL LITERASI MATEMATIKA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA SMP/MTS. JURMADIKTA, 3(2), 40-49. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i2.1774
Section
Articles