PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA KELAS VIII SMP/MTS

  • Puput Indra Wati Universitas Lambung Mangkurat
  • Karim Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmita Noorbaiti Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Model PBL, kemampuan pemecahan masalah matematika, konteks lingkungan lahan basah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah (KPM) adalah kemampuan yang sangat penting dimiliki siswa, hal ini disebabkan KPM dapat diterapkan pada berbagai bidang dalam kehidupan nyata. Namun, pada kenyataanya siswa kurang mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran matematika. Oleh karena itu, pada pelaksanaan pembelajaran perlu didukung dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat melatih KPM.  Terdapat model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif yaitu Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh model pembelajaran PBL dengan konteks lingkungan lahan basah terhadap KPM matematika siswa. Metode yang digunakan yaitu Quasi eksperiment, Populasi yang ditetapkan yaitu semua siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, sebagai akibatnya diperoleh kelas VIII E sesi 1 menjadi kelas kontrol dan VIII E sesi dua menjadi kelas eksperimen. Teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data yaitu dokumentasi dan tes KPM matematika dengan data yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan konteks lingkungan lahan basah berpengaruh positif terhadap KPM matematika siswa.

References

Arends, R. I. (2012). Learning To Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Husna., N. R., Veronica., R. B., & Kurniasih, A. W. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Problem Based Learning (PBL) Berdasarkan Self Regulation Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 556-562. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA , Universitas Negeri Semarang.

Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2): 1-10.

Maryati, I. (2018). Peneapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Mosharafa, 7(1): 63-74.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2): 166-175.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Polya, G. (1985). How To Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Ramadhana, L. R., Karim, & Amalia, R. (2018). Pengaruh Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2): 210-217.

Ruseffendi, E. T. (1991). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini. Bandung: Tarsito.

Sumiantari, N. L., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. JPPSI: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 2(1): 12-22.

Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2): 118-129.

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1): 51-62.

Published
2023-11-15
How to Cite
Wati, P., Karim, K., & Noorbaiti, R. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH SISWA KELAS VIII SMP/MTS. JURMADIKTA, 3(3), 1-10. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i3.1766
Section
Articles