PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL TIMSS LEVEL TINGGI MENGGUNAKAN KONTEKS LAHAN BASAH

  • Ika Nurfaidah Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Asdini Sari Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Soal matematika, model TIMSS level tinggi, konteks lahan basah

Abstract

Kemampuan matematika siswa Indonesia masih tergolong
rendah. Hasil TIMSS perolehan rata-rata tahun 2011 yaitu 386 dari 500
perolehan ratarata internasional. Salah satu aspek pemicu hal tersebut
karena kurangnya bahan untuk latihan belajar soal berstandar
internasional. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendapatkan model
TIMSS level tinggi pada soal matematika dengan konteks lahan basah.
Metode yang digunakan ialah kolaborasi dari Research and
Development dan Formative Research Tessmer. Teknik pengumpulan
data yakni pengambilan data dari hasil dari lembar angket dan lembar
prototype. Analisis data, validitas soal berdasarkan penilaian secara
logis dan empiris, dan menganalisis kepraktisan soal. Hasil yang
diperoleh ialah soal dinyatakan valid dan logis jika mendapatkan semua
aspek penilaian dari evaluasi oleh validator dengan rata-rata skor 3,45
dalam kategori validitas soal secara logis, mendapatkan 4 soal yaitu
pada soal nomor 1, 3, 4, dan 7 dalam kategori validitas soal secara
empiris. Soal dikembangkan juga dinyatakan praktis berdasarkan
kriteria kepraktisan yang nampak dari hasil respon siswa pada lembar
angket dari yaitu dengan rata-rata skor 4.3826675 dalam kategori
kepraktisan soal, dihasilkan soal model TIMSS level tinggi dengan
konteks lahan basah.

References

Dewi, S. H., Susanto, & Lestari, N. D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM (National Council of Teacher of Mathematics) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, 25. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/4365

Herawati, O. D., Siroj, R., & Basir, H. D. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 71. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/312

Janna, N.M. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas Menggunakan SPSS, 2. https://osf.io/v9j52

Maqsudi, A., & Masugino. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Perbaikan Sistem Rem Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol. 13, 60. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9228

Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. Jurnal Pendidikan Matematika , 16. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/9750

Mullis, I., Martin, M., Foy, P., Preuschoff, C., & Galia, J. (2008). Findings from IEA's Trends in Internasional Mathematics and ScienceStudy at The Fourth and Eigth Grades. TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education, Boston Collage: Chessnut Hill, MA.

Mullis, Ina, V. S., Martin, M., Foy, P., Olson, J. F., Preuschoff, C., Galia, J. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College: Chesnut Hill, MA.

Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika Pengelolaan secara Holistik. Malang: Inteligensia Media

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: Author.

Pratiwi, I., Zulkardi, & Susanti, E. (2016). Pengembangan Soal Matematika Berkarakteristik TIMSS Tipe Pemecahan Masalah Pada Topik Geometri Pengukuran Volume Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Elemen, 147-148. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/217

Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, Vol. 1, 62-63. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/JPPMS/article/view/2267

Vitantri, C. A., 'Ulya, H., Jayus, & Sholihah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Aljabar. Jurnal Derivat, 21. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/733

Published
2023-03-30
How to Cite
Nurfaidah, I., Pasani, C., & Sari, A. (2023). PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL TIMSS LEVEL TINGGI MENGGUNAKAN KONTEKS LAHAN BASAH. JURMADIKTA, 3(1), 103-113. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1759
Section
Articles