PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 DI KELAS VIII SMP

  • Fitri Puspa Sari Universitas Lambung Mangkurat
  • Chairil Faif Pasani Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizki Amalia Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Instrumen penilaian matematika, two tier multiple choice, Ispring Suite 10

Abstract

Seorang pendidik perlu mengetahui alasan peserta didik memilih jawaban agar dapat mengetahui tingkat pemahaman terhadap materi yang diujikan. Two tier multiple choice adalah cara untuk mengatasi hal tersebut. Selain itu, untuk menunjang proses penilaian dan memudahkan peserta didik dalam memilih jawaban tentu perlu adanya instrumen penilaian efektif dan efisien dengan aplikasi ispring suite 10. Tujuan penelian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian matematika kelas VIII SMP berbasis two tier multiple choice menggunakan Ispring suite 10 yang valid, reliabel, dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan model 4D. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, instrumen tes, dan angket. Kevalidan produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan hasil validasi oleh 4 validator ahli. Uji coba pengembangan dilakukan kepada 30 peserta didik kelas VIIID SMPN 24 Banjarmasin. Kepraktisan produk dilihat berdasarkan hasil lembar angket guru. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan 20 soal sebagai instrumen penilaian matematika berbasis two tier multiple choice menggunakan Ispring suite 10 dengan kriteria: (1) valid, dengan nilai rata-rata validitas 0.8512 kategori sangat tinggi; (2) reliabel, nilai sebesar 0.7691 termasuk kategori tinggi; (3) praktis, nilai sebesar 93,3% termasuk kategori sangat praktis.

References

Ambiyar. (2011). Pengukuran & Tes Dalam Pendidikan. Padang: UNP Press.

Ansori, H., Juhairiah, Amalia, R., Mardiana, Utari, I. M., & Ramadhan, A. S. (2022). Validitas Bahan Ajar Materi Esensi Geometri . EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 75-85.

Antari,W. D., Sumarni,W., Harjito, & Basuki, J. (2020). Model Instrumen Test Diagnostik Two Tiers Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2536-2546.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aziz, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika. Padang: Universitas Negeri Padang.

Farman. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika Berbasis Ispring Suite. AKSIOMA:Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2040-2052.

Febriana, R. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Haryanto. (2020). Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: UNY Press.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika. Banjarmasin: Inteligensia Media.

Rovita, C. A., Zawawi, I., & Huda, S. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Two Tier Multiple Choice Menggunakan Ispring Suite 9. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 150.

Rura, P.N.M., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). Pengembangan LKPD Pada Materi Lingkaran Berbasis Etnomatematika Nyiru Kelas VIII SMP/MTs. Jurmadikta, 2(3): 43-52.

Published
2023-03-30
How to Cite
Sari, F., Pasani, C., & Amalia, R. (2023). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN MATEMATIKA BERBASIS TWO TIER MULTIPLE CHOICE MENGGUNAKAN ISPRING SUITE 10 DI KELAS VIII SMP. JURMADIKTA, 3(1), 68-77. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1752
Section
Articles