KONSISTENSI NILAI MATEMATIKA SISWA DIUJI DENGAN PERANGKAT TES STANDAR SEKOLAH DAN PERANGKAT TES SETARA PISA LEVEL 4 MENGGUNAKAN KONTEKS LAHAN BASAH
Abstract
Penilaian merupakan proses mengumpulkan dan memproses informasi dalam mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Perangkat penilaian yang digunakan oleh guru di sekolah berupa Perangkat tes standar sekolah yang dilakukan untuk melakukan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Selain tes tersebut, terdapat pula penilaian kemampuan siswa yang dilaksanakan pada level internasional seperti Programme for International Student Assessment (PISA). Hasil dari penilaian tes standar sekolah seharusnya bisa memprediksi kemampuan siswa dalam literasi matematis yang sesuai standar internasional. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsistensi nilai matematika siswa apabila diuji menggunakan perangkat tes yang berstandar sekolah dan menggunakan perangkat tes yang setara PISA level 4 dengan menggunakan konteks lahan basah. Penelitian ini dengan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat konsistensi nilai matematika siswa dengan koefisien korelasi adalah r = 0,348, nilai tersebut termasuk dalam kategori rendah. Selain itu, koefisien determinasinya adalah 0,121 atau yang berarti bahwa dari peserta tes 12,1% menyatakan konsistensi nilai bila diukur dengan tes standar sekolah atau dengan tes setara PISA level 4.
References
Afriyanti, I., Wardono, & Kartono. (2018). Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 608-617. Semarang: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Danaryanti, A., Hadi, S., Karim, Amalia, R., & Kamaliyah. (2014). Pengembangan Materi Pembelajaran Matematika Berbasis Konteks Lahan Basah untuk Mendukung Penerapan Kurikulum 2013. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Fatmawati, A., Pasani, C., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 5 Menggunakan Konteks Lahan Basah. JURMADIKTA, 2(2), 73-81. https://doi.org/10.20527/jurmadikta. v2i2.1242
Hajar, M. N., & Rahman, A. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Tipe PISA Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 85-96.
Hatta, GM. (2016). Lahan Basah, Kearifan Loka, dan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah Tahun 2016 Jilid 1. 7 - 13. Banjarbaru: Universitas Lambung Mangkurat.
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, R. L., (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499-510.
Kamaliyah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2013). Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA Level 4. JPM IAIN Antasari, 1(1), 1-8.
Kemendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar Dari Hasil PISA 2018. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemendikbud.
Maulana, A., Pasani, C. F., & Juhairiah. (2022). Pengembangan soal matematika model PISA level 4 menggunakan konteks lahan basah. JURMADIKTA, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1216
Meriana , T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110-116.
Pasani, C. F., Danaryanti, A., & Amelia, R. (2020). Penilaian Pembelajaran Matematika "Pengelolaan Penilaian yang Holistik". Malang: Intelegensi Media.
Pratiwi, I. (2019). Efek program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51 – 71
Putra, Y. Y., Zulkardi, Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Level 4, 5, 6 menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Matematika Kreano, 7 (1), 10 - 16.
Setiawan, H., Dafik, & Lestari, S. N. (2014). Soal matematika dalam pisa kaitannya dengan literasi matematika dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 244-251. Jember: Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jember.
Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Marlina, L. (2018). Insrumen penilaian berbasis lingkungan lahan basah untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 125-134.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.