PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI SPLDV

  • Wulan Setiani Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Indah Budiarti Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Etnomatematika, LKPD, Literasi Matematis, SPLDV

Abstract

Rendahnya literasi matematis peserta didik tentang keterkaitan matematika dengan budaya serta kurangnya penerapan LKPD di sekolah merupakan hal yang mendasari alasan dikembangkannya LKPD untuk materi sistem persamaan linear dua variabel serta menghubungkannya dengan etnomatematika wadai khas Banjar dan kain Sasirangan. Tujuan dalam penelitian ini ialah agar dapat menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika sehingga mampu mendukung peserta didik dalam kemampuan literasi matematis kelas VIII SMP dalam materi sistem persamaan linear dua variable yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model 4D dengan dibatasi sampai tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), serta tahap pengembangan (develop). Kriteria kevalidan dan kepraktisan produk didapat berdasarkan uji dari dua orang validator ahli, juga diuji cobakan terhadap 30 peserta didik. Hasil uji validitas LKPD yang dikembangkan tersebut ada dalam kategori valid dengan skor 3,74. Hasil uji kepraktisan berdasarkan hasil respon peserta didik ada dalam kategori praktis mencapai skor 3,33.

References

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi. Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bandung: Bumi Aksara, 2017, hal.93

Barton, B. (1996). Making sense of Ethnomatematics is making Sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1-2), 201-33.

Fairuz, F.R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29-38.

Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary Mathematics Teachers' Conceptions of Mathematical Literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(3), 222-237.

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Jumiati, Fajriah, N & Danaryanti, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam menyelesaikan Soal Cerita dengan Konteks Budaya Banjar. Jurmadikta, 1(3), 20-30.

Styawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 33-42.

Kurniawan, H. S., & Khotimah, R. P. (2022). Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1966-1977.

O.E.C.D. (2018). Programme For International Assessment (PISA) Result From PISA 2018. Retrieved from https://www.oecd.org

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajara Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Rahayu, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Jambi untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi SPLDV. Jurnal penelitian pendidikan dan sosial keagamaan, 1(1).

Saputri, V., & Herman, T. (2022). Integrasi STEM dalam Pembelajaran Matematika: Dampak Terhadap Kompetensi Matematika Abad 21. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 247-260.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Wahyuni, A. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013, Yogyakarta.

Published
2023-03-30
How to Cite
Setiani, W., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI SPLDV. JURMADIKTA, 3(1), 78-88. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1749
Section
Articles