PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL KONTEKS LAHAN BASAH MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG
Abstract
Keterbatasan interaksi guru dan siswa akibat pandemic covid-19, membuat proses pembelajaran kurang maksimal. Materi yang dianggap sulit yaitu bangun ruang sisi datar karena memiliki cakupan materi yang banyak dan bersifat abstrak. Saat melakukan pembelajaran jarak jauh siswa juga terbatas dalam memahami konsep pembelajaran karena adanya kendala jaringan internet di daerah tempat tinggal siswa. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang bisa digunakan siswa secara offline yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital berbasis android dengan konteks lingkungan lahan basah pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar. Pada penelitian ini akan dilakukan uji validitas oleh tiga orang validator. Metode penelitian yang digunakan ialah pengembangan Research and development (R&D) dengan model 4D, namun hanya dibatasi sampai tiga tahap yaitu Define, Design, Develop. Pada penelitian ini akan dilakukan uji validitas oleh tiga validator. Dari hasil validasi materi, untuk tingkat kelayakan materi dari aspek konteks/isi dengan nilai validitas 85,4%, kelayakan bahasa dengan nilai validitas 93,75%. Pada aspek kelayakan penyajian dengan nilai validitas 87,5%. Sehingga dari hasil penelitian ahli materi terhadap bahan ajar masuk dalam kriteria Sangat Layak dengan nilai validasi total 87,5%. Data hasil validasi media diperoleh total 77,2% dengan kriteria Layak. Dengan demikian, diperoleh bahan ajar digital berbasis android dengan konteks lingkungan lahan basah pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang sisi datar yang layak digunakan.
References
Aini, N., Zainuddin, & Mahardika, A. I. (2018). Pengembangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 264–277.
Danusaputra, N., & Sunarto. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Materi Senyawa Hidrokarbon sebagai Media Pembelajaran Kimia SMA/MA Kelas X. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 5(1), 1–7.
Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217–226.
Hardiyanti, Awuy, E., & Anggraini. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII C MTsN 1 Kota Palu dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling dan Luas Daerah Persegi Panjang. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 5(3), 343–354.
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(20), 47–65.
Kasmawati. (2017). Penerapan Kerangka Pembelajaran Problem Based Learning Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Peserta didik Kelas VIII SMP. Universitas Terbuka, Jakarta.
Manasikana, A., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android pada Materi Jurnal Penyesuaian dan Jurnal Koreksi untuk Kelas XII Akuntansi di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 5(2), 1–8.
Pratama, C., Kaspul, & Arsyad, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Jenjang SMA. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 16–23.
Purnama, R. B., Sesunan, F., & Ertikanto, C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 63–74.
Rizal, M., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2022). Pengembangan Asesmen Alternatif Dalam Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Untuk Siswa Tingkat SMP/MTS. Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology, 2(1), 215-222. https://doi.org/10.30598/PattimuraSci.2021.KNMXX.215-222
Septiani, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi PowerPoint Add-Ins Ispring pada Mata Pelajaran Biologi Materi Sel Peserta Didik Kelas XI. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
Sondek, N., Sukayasa, & Jaeng, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma di Kelas VIII SMP Negeri 18 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2), 207–220.
Susanti, S. E., Hamid, H., & Nurmala, R. (2019). Pengembangan Kosami (Komik Saku Matematika) bagi Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Mathematics Education and Aplication Journal (META), 1(1), 37–45.
Widodo, C. S. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wijoyo, H., Indrawan, I., Yonata, H., & Handoko, A. L. (2020). Panduan Pembelajaran New Normal dan Transformasi Digital. Jawa Tengah: Pena Persada.
Witanta, V. A., Baiduri, & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12.
Yahya, H., Fajriah, N., & Mawaddah, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Pola Bilangan Tingkat SMP Kelas VIII. Jurmadikta, 3(1): 11-22.
Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Marlina, L. (2018). Instrumen Penilaian Berbasis Lingkungan Lahan Basah untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta didik Kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 125–134.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.