PENGEMBANGAN E-LKPD MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL DENGAN KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH UNTUK SISWA KELAS VII
Abstract
Pandemi Covid-19 membuat proses pembelajaran yang diterapkan di Indonesia sekarang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana pembelajaran sebelumnya dilakukan secara langsung di sekolah berubah menjadi pembelajaran jarak jauh dari rumah dengan pengawasan dari orang tua. Tentunya hal tersebut mengharuskan pendidik memiliki alternatif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan memanfaatkan E-LKPD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan E-LKPD menggunakan liveworksheets pada materi aritmetika sosial dengan konteks lingkungan lahan basah untuk siswa kelas VII. E-LKPD yang dikembangkan terkait makanan, flora, fauna, barang, alat transportasi, dan tempat wisata di Kalimantan Selatan. Metode yang dipakai adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dengan kriteria valid dan praktis. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar praktikalitas. Untuk mengetahui terpenuhi atau tidak kriteria valid dan praktis E-LKPD, dilakukan validasi dan uji coba. Validasi dilakukan oleh dua orang ahli dengan skor validasi 3,595, sedangkan hasil angket respon guru dan peserta didik masing-masing sebesar 100% dan 84,30%. Hal ini menunjukan E-LKPD masuk kriteria valid dan praktis.
References
Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Gravindo pustaka.
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I. Y. B., & Hartini, S. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Lkpd Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, September, 122–130.
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., Taufiq, I. (2016). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391-400.https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat PSLB.
Evijayanti, W. (2016). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial. Publikasi Ilmiah: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Marlina, S. M., & Setiawan, W. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam mengerjakan soal pada materi aritmetika sosial kelas VII. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2373-2384.https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.650
Mawaddah, S., Budiarti, I, Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MATH, 9(1), 14-24.https://doi.org/10.20527/edumat.v9i1.9750
Novelia, R., Rahimah, D., & Fachruddin, M. (2017). Penerapan Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 20-25.https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.20-25.
Rifky, A. (2021). Pengembangan LKPD Dengan Liveworsheet Berbasis Discovery Learning Pada Materi Transformasi Untuk Sekolah Menengah Pertama (Bachelor thesis). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.
Rupaidah, A., & Danaryanti, A. (2013). Pengembangan LKS Dengan Pendekatan Realistik Pada Materi Sistem persamaan linear dua variabel. EDU-MATH, 1(1), 10-17.
Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP Negeri 3 Pleret pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Jurnal (AoEJ), 10(1), 44-54.https://doi.org/10.47200/aoej.v10i01.270.
Sholehah, F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi. Skripsi. Jambi: UIN Shultan Thaha Saifuddin Jambi.
Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: REMAJA ROSDAKARYA.
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Confidence of High School Students through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85-94.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.