PENGEMBANGAN TES FORMATIF MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS MATEMATIKA REALISTIK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTS
Abstract
Salah satu upaya untuk mengukur kemampuan matematika peserta didik yakni dengan mengembangkan tes formatif berbasis matematika realistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan tes formatif matematika pada materi bangun ruang sisi datar berbasis matematika realistik untuk siswa kelas VIII SMP/MTs yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model Tessmer tipe formative research yang terdiri dari dua tahap utama, yaitu tahap preliminary dan tahap formative evaluation (self evaluation, expert reviews, one-to-one, dan small group). Pengumpulan data pada pengembangan ini menggunakan lembar validasi dan angket respon peserta didik. Hasil pengembangan ini menunjukkan bahwa tes formatif yang dikembangkan memenuhi kategori valid dan praktis, dengan skor rata-rata 3,74 dari skala 4 dan 85,83%. Dengan demikian, pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan tes formatif matematika pada materi bangun ruang sisi datar berbasis matematika realistik yang valid dan praktis.
References
Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Hartono, Y. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Banten: Seamolec
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta, 2(1),23-30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218
Mulyana, A. (2019). Realistic Mathematics Education (RME). Ainamulyana.blogspot.com
Riyani, R., S. Maizora, & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 60-65. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.60-65
Safitri, A., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Students Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-1 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 93-100.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suminto. (2022). Tes Formatif: Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan. Diakses dari https://haloedukasi.com/tes-formatif
Ulfah, A., Pasani, C. F., Kamaliah. (2021). Pengembangan Tes Formatif Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa SMP. EDU-MAT:Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 48-58 http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10405
Wulan & Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Pendekatan Alternatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yokri, Veggi & Poni Saltifa. (2020). LKPD Matematika Berbasis Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMKSMAK Padang Kelas X”. Jurnal Equation, 3(1).
Zaini, Muhammad. (2018). Penelitian Desain Pendidikan. Yogyakarta: Penebar Desain Pendidikan.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.