PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA BERBASIS KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

  • Kamsinah Kamsinah Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Yuni Suryaningsih Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pengembangan, LKPD, Statistika, Lingkungan lahan basah

Abstract

Statistika adalah salah satu materi matematika yang harus diajarkan kepada peserta didik di setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi. Namun, peserta didik masih ada yang kesulitan dalam memahami materi yang disajikan pada bahan ajar yang digunakan secara langsung, peserta didik harus mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh guru terlebih dahulu agar bisa memahami materi tersebut. Alternatif solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menyediakan LKPD berbasis konteks lingkungan lahan basah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD materi Statistika berbasis konteks lingkungan lahan basah untuk siswa SMP kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four-D) dari Thiagarajan et al. (1974) yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan (develop) sampai uji coba produk. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa (1) lembar validasi yang diisi oleh tiga validator; (2) angket respon peserta didik yang diisi oleh 30 peserta didik; dan (3) soal pada LKPD materi Statistika. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa hasil penelitian ini adalah (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 86,3%; (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase sebesar 86,67%; dan (3) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan persentase sebesar 86,67%. Dengan demikian, LKPD materi Statistika berbasis konteks lingkungan lahan basah untuk siswa SMP kelas VIII memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References

Anggraini, A., & Agustin, R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Materi Statistika Bebasis Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 2(01), 99-112. https://doi.org/10.33503/prosiding.v2i01.1488

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitria. (2022). Pengembangan LKPD Materi Relasi dan Fungsi dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah untuk Siswa SMP. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.

Masthura, L., Salasi, R., & Zaura, B. (2016). Penerapan Metode Drill pada Materi Statistika Kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 86-97.

Mawaddah, S., Budiarti, I., & Aulia, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Konteks Lingkungan Lahan Basah Berorientasi HOTS. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 14-24.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rahmah, A., Karim, K., & Kamaliyah, K. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTs. Jurmadikta, 2(1), 75-88.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. JURNAL KREANO, 3(1), 59-72.

Sari, P. M. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Masalah dengan Pendekatan PMRI pada Materi Statistika di Kelas VIII. (Skripsi tidak dipublikasikan).Universitas Sriwijaya, Palembang.

Soendjoto. (2015). Potensi, Peluang, dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan Basah Secara Berkelanjutan. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Sulkipani & Faisal, E. E. (2020). Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan terhadap Pemahaman Peserta Didik pada Pembelajaran PPKn. Jurnal Civic Hukum, 5(2), 136-144. https://doi.org/10.22219/jch.v5i2.11684

Taufik, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Statistika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Musamus Journal of Mathematics Education, 2(1), 22-31. https://doi.org/10.35724/mjme.v2i1.2021

Zulkarnain, I., Kusumawati, E., & Marliana, L. (2018). Instrumen Penilaian Berbasis Lingkungan Lahan Basah untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin. EDU-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 125-134. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5656

Published
2023-07-31
How to Cite
Kamsinah, K., Zulkarnain, I., & Suryaningsih, Y. (2023). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI STATISTIKA BERBASIS KONTEKS LINGKUNGAN LAHAN BASAH UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. JURMADIKTA, 3(2), 88-100. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i2.1447
Section
Articles