PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR PADA MATERI SEGIEMPAT UNTUK SISWA SMP/MTS
Abstract
Matematika adalah salah satu ilmu dasar yang memegang kontribusi bermakna atas kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan bagi seluruh tingkat pendidikan namun, matematika dianggap sulit dipahami dan membosankan serta metode pembelajaran yang dipakai kurang bervariasi dan bahan ajar yang kurang lengkap dan menarik. Salah satu solusi agar menanggulangi permasalahan tersebut adalah melalui pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis etnomatematika budaya Banjar. Penelitian ini memiliki tujuan agar menghasilkan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis etnomatematika budaya Banjar pada materi segiempat untuk siswa SMP/MTs yang valid dan praktis. Research and Development (R&D) adalah metode yang dipakai pada penelitian ini dengan model yang digunakan adalah model 4D yang dibatasi yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), dan pengembangan (Develop). Pada tahap pengembangan (Develop) dilakukan uji validitas dan uji kepraktisan. Uji validasi dilakukan oleh tiga orang ahli yaitu satu ahli media dan dua ahli materi. Data yang didapat kemudian dianalsis secara kualitatif menurut kritik dan saran validator, dan secara kuantitatif yaitu skor yang diperoleh atas lembar validasi yang diisi oleh validator dan hasil lembar respon siswa. Hasil uji validitas terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif yang dikembangkan dihasilkan skor rata-rata seluruh aspek sebesar 3,70 berada pada kriteria valid dan hasil uji kepraktisan terhadap media pembelajaran powerpoint interaktif yang dikembangkan diperoleh sebesar 89,2 % yaitu ada pada kriteria sangat praktis.
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Al-Tabany, T. I. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Prgogresif dan Kontekstual. Jakarta, Indonesia: Kencana.
Al Hilal, A. Y., & Auliya, N. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft PowerPoint pada Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2): 227-242.
Awaliyah, E. M. (2019). Peran Etnomatematika di Sekolah dalam Upaya Peningkatan Stigma Positif Pelajar Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 2(1): 23-30.
Baiduri, Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat di SMP. 8(1): 248-261.
Damitri, D. E., & Adistana, G. A. (2020). Keunggulan Media Powerpoint Berbasis Audio Visual Sebagai Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Teknik Bangunan. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 6(2): 1-7.
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKPD Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. 8(1): 29-38.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Indra P, I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurmadikta (Jurnal Pendidikan Matematika), 2(1): 23-30.
Khadijah, S. (2022). Pengembangan E-LKPD pada Materi Lingkaran Berbasis Etnomatematika Kerajinan Anyaman melalui Pendekatan Saintifik untuk SMP/MTs. Banjarmasin (Skripsi): ULM Banjarmasin.
Malianor, S., Mawaddah, S., & Amalia, R. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Sistem Perbandingan Berbasis Budaya Banjar untuk Siswa Kelas VII. Jurmadikta (jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika) , 2(1): 39-47.
Muliyana, D., Roza, Y., & Armis. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint - Geogebra Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs. 6(1): 459-471.
Muzakki, & Fauziah, P. Y. (2015). Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal Di Paud Full Day School. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1): 39-54.
Nurhayati, Arafat, Y., & Fitriani, Y. (2020). Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran Matematika dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 13(1): 75-87.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. al-khwarizmi, Volume 2, Oktober 2013, halaman 1-10, 1-10.
Rizky, R. M. (2021, Juli 7). Budaya Kalimantan Selatan Yang Kaya Akan Kearifan Lokalnya. Diambil kembali dari Kabarpik: https://kabarapik.com/budaya-kalimantan-selatan-yang-kaya-akan-kearifan-lokalnya/
Sa'adah , A., Setiyawati , D., & Taufiqoh , T. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint pada Kesebangunan dan Kekongruenan Bangun Datar. 105-112.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D., & Semmel, M. (1974). Instructional Development For Training teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Widyawati, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dengan Model Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS siswa kelas IV SDN Kowangan Temanggung. Semarang (Skripsi): UNNES Semarang.
Copyright (c) 2023 JURMADIKTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.