PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT BERMUATAN LAHAN BASAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
Abstract
Teorema Pythagoras adalah materi pembelajaran matematika di kelas VIII yang bersifat abstrak. Konsep yang abstrak menjadikan peserta didik kesulitan dalam memahaminya. Mengembangkan sebuah multimedia interaktif berbasis powerpoint yang dikaitkan dengan lingkungan lahan basah dapat menjadi bentuk usaha dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis powerpoint bermuatan lahan basah Kalimantan Selatan yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model Plomp yang dibatasi sampai empat fase berupa fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, serta fase tes, evaluasi dan revisi. Fase kelima yaitu fase implementasi tidak disertakan karena keterbatasan peneliti. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi dan angket respon. Validasi produk diserahkan kepada tiga orang ahli. Uji kepraktisan dilakukan dengan satu orang guru dan sebelas peserta didik. Hasil validasi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan masuk ke dalam kriteria valid dengan skor 4,28. Hasil uji kepraktisan menunjukkan nilai praktikalitas sebesar 90,88%, yang artinya media pembelajaran masuk ke dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan kriteria kevalidan dan kepraktisan media ini dapat dikatakan valid dan praktis.