PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR PADA MATERI BENTUK ALJABAR

  • Muhammad Ilyasin Akbar Universitas Lambung Mangkurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Android, Bentuk Aljabar, Media Pembelajaran, Smart Apps Creator

Abstract

Pesatnya perkembangan IPTEKS pada kehidupan sehari-hari  berdampak terhadap perkembangannya dalam dunia pendidikan. Perlunya pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini untuk mempermudah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Terutama pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi bentuk aljabar karena memberikan kemudahan dalam penyajian materi sehingga mempermudah peserta didik dalam pemahaman konsep bentuk aljabar. Media pembelajaran berbasis android materi bentuk aljabar yang dikembangkan ini dapat diakses pengguna di manapun dan kapanpun. Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi bentuk aljabar yang valid serta mengetahui kepraktisan media pembelajaran berbasis android pada materi bentuk aljabar. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model 4-D dengan penelitian yang dibatasi hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) dengan uji validasi dan uji kepraktisan kepada peserta didik. Validasi dilakukan oleh dua orang validator dan diperoleh 3,47 pada validitas materi dan 3,41 pada nilai validitas media yang keduanya termasuk pada kriteria valid. Sedangkan untuk kepraktisan media pembelajaran berdasarkan angket peserta didik memperoleh rata-rata kepraktisan senilai 81,7% yang termasuk kriteria praktis. Dengan demikian media pembelajaran berbasis android yang dihasilkan termasuk kategori valid dan praktis.

Author Biography

Hidayah Ansori, Universitas Lambung Mangkurat

References

Agustina, A. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative : Jurnal of Educational Studies, 3(1), 16-29.

Akhwan, A., Zulkarnain, I., & Kamaliyah. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Siswa VII SMPN 1 Gambut. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 159-167.

Ansori, H., & Sutresna, W. O. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmatika Social Di Kelas VII SMP Negeri Alalak Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 106-115.

Anshori, S. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn dan Sosial Budaya, 6(1), 88-100.

Chahyanto, T. N. (2019). Media Pembelajaran Dengan Aplikasi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Di Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hobri, H. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila

Mila, Liza Ainul (2019) Pengembangan media berbasis Android pada pembelajaran Matematika Realistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muda, H. H., Alhaddad, I., & Saidi, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 195-204.

Munthe, E. (2019). Pentingnya Penguasaan IPTEK Bagi Guru di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan, 1(1), 443-448.

Nuraini. (2021). Korelasi Tingkat Penggunaan Smartphone Dengan Tingkat Kecemasan Peserta Diklat Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(1), 1-12.

Purwanto, N. (2019). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Rahmah, A., Karim, Kamaliyah. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Masalah Dengan Konteks Lingkungan Lahan Basah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTs. Jurmadikta (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika), 2(1), 75-88.

Susanti, S., Hamid, H., & Nurmala, R. (2019). Pengembangan KOSAMI (Komik Saku Matematika) Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Mathematic Education And Aplication Journal, 1(1), 37-45.

Susanti, Weli. (2021). Pengembangan LKPD Model Problem-Based Learning Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis pada materi bentuk aljabar. Skripsi. Universitas Islam Pekanbaru Riau.

Yahya, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Pola Bilangan Tingkat SMP Kelas VIII. Skripsi. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Yusmin (2017). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnograph). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119-2136.

Published
2023-07-31
How to Cite
Akbar, M., Ansori, H., & Hidayanto, T. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR PADA MATERI BENTUK ALJABAR. JURMADIKTA, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i2.1407
Section
Articles