PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA NYIRU KELAS VIII SMP/MTs
Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran wajib pada setiap tingkat pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah. Kenyataannya, pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang rumit dan merupakan pelajaran yang banyak tidak disenangi oleh peserta didik. Salah satu upaya untuk menangani permasalahan tersebut melalui pengembangan LKPD berbasis etnomatematika. Pengembangan LKPD berbasis etnomatematika nyiru ini bertujuan untuk mendekatkan matematika dengan lingkungan peserta didik. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan LKPD materi lingkaran berbasis etnomatematika nyiru kelas VIII SMP yang valid serta praktis. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development melalui model 4-D yang dibatasi hanya sampai tiga tahapan antara lain tahap define, design, dan develop. Tahap develop dilaksanakan dengan uji validasi oleh dua orang ahli materi serta uji kepraktisan kepada 22 orang peserta didik. Uji validasi LKPD yang dikembangkan dianalisis berdasarkan data hasil lembar validasi dengan hasil memenuhi kriteria valid. Uji kepraktisan dianalisis melalui data angket respon peserta didik memperoleh validitas kepraktisan dengan hasil memenuhi kriteria praktis. Sehingga, dihasilkan LKPD pada materi lingkaran berbasis etnomatematika nyiru yang valid dan praktis.