PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP/MTS

  • Helda Rahmawati Universitas Lambung Mangkurat
  • Karim Karim Universitas Lambung Mangkurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Etnomatematika-Budaya Banjar, LKPD, teorema Pythagoras

Abstract

Budaya Banjar merupakan salah satu budaya yang mendominasi di Kalimantan Selatan yang perlu diperkenalkan untuk menumbuhkan sikap menghargai dan menjunjung tinggi arti kebudayaan kepada peserta didik. Pengembangan LKPD berbasis kebudayaan Banjar merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sekaligus dapat memperkenalkan serta menumbuhkan sikap menghargai dan menjunjung tinggi arti budaya Banjar itu sendiri. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika budaya Banjar pada materi teorema Pythagoras kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) model Plomp. Model Plomp yang digunakan terdiri dari empat fase yaitu diantaranya fase investigasi awal, fase perancangan, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada fase tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh tiga validator ahli dan uji kepraktisan oleh peserta didik. Hasil uji validitas terhadap perangkat pembelajaran berupa LKPD yang dikembangkan menunjukkan LKPD mencapai kriteria sangat valid dan hasil uji kepraktisan menunjukkan LKPD mencapai kriteria praktis. Sehingga, dihasilkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berbasis etnomatematika budaya Banjar materi teorema Pythagoras SMP/MTs kelas VIII yang valid dan praktis.

References

Astuti, R.W., Sesanti, N.R & Farida, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bercirikan Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Seminar Nasional FST 2018, 1, 70-705.

Frengky. (2012). Model Pembelajaran Matematika Peserta didik Kelas Satu Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 35(2), 151-163.

Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURMADIKTA, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218.

Istiqomah, E. & Setyobudihono, S. (2014). Nilai Budaya Masyarakat Banjar Kalimantan Selatan : Studi Indigenous. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 5(1), 1-58. https://doi.org/10.26740/jptt.v5n1.p1-6.

Jannah, A.N., Ansori, H., & Kamaliyah. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Komik dengan Pendekatan Multikultural untuk Materi Bangun Datar Segiempat dan Segitiga Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Lambung Mangkurat.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30- 41.

Khasanah, N., Sunarto, & Yusra, D.A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul iman. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Malianor, S., Mawaddah, S., & Amalia, R. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Perbandingan Berbasis Budaya Banjar Untuk Siswa Smp Kelas VII. JURMADIKTA, 2(1), 39-47. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1220.

Maryana, Suaedi, & Nurdin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan PowerPoint dan Ispring Quizmaker pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 53-61. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta : Deepublish.

Puspitasari, A., Susi, S., & Nurcholid, DSL. (2015). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Peserta didik Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahapeserta didik Universitas Jember. Jember.

Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Inovatif Kreatif, 3(1), 66-67. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613/2672.

Sari, I. R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teori APOS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Konteks Rumah Adat Joglo Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sarwoedi, Marinka, D.O., Febriani, P., & Wirne, I.N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117.

Soromi, A. & Laia, S. (2020). Matematika : Belajar Ringkas Matematika yang mudah dan menyenangkan. Banyumas : Penerbit Lutfi Gilang.

Published
2022-11-30
How to Cite
Rahmawati, H., Karim, K., & Hidayanto, T. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIII SMP/MTS. JURMADIKTA, 2(3), 20-30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1374
Section
Articles