PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI POLA BILANGAN TINGKAT SMP KELAS VIII

  • Helmi Yahya Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Fajriah Universitas Lambung Mangkurat
  • Siti Mawaddah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Android

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran untuk menyampaikan informasi kepada siswa agar dapat merangsang pikiran siswa dalam memahami materi. Namun, masih terdapat siswa yang kurang dalam memahami materi. Salah satu materi matematika yang kurang dipahami oleh siswa adalah pola bilangan. Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil dari media pembelajaran berbasis android pada materi pola bilangan tingkat SMP kelas VIII yang valid. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dilakukan hanya sampai pada tahap Development. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa lembar validasi. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang divalidasi oleh validator ahli mendapatkan skor rata-rata keseluruhan aspek 3,16 yang termasuk pada kriteria valid. Berdasarkan kriteria kevalidan, maka media pembelajaran berbasis android materi pola bilangan ini memenuhi kriteria valid.

References

Agung, S., Ma’rufi, M. R., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 194-210.

Apsari, P. N., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 161-170.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57-62.

Batubara, H. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.

Marhadini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola Untuk Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38-43.

Martono, K. T., & O. D. Nurhayati. 2014. Implementation of Android Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues .Vol. 11, Issue 3, No 1: 168-174.

Amelia, R., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan Video Pendukung Pembelajaran pada Materi Matriks Untuk Kelas XI SMA Berbantuan Media Sosial “Tiktok”. Jurmadikta, 2(1), 89-99.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Published
2023-03-30
How to Cite
Yahya, H., Fajriah, N., & Mawaddah, S. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI POLA BILANGAN TINGKAT SMP KELAS VIII. JURMADIKTA, 3(1), 11-22. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v3i1.1371
Section
Articles