PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Elva Maulida Universitas Lambung Mangkurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangkurat
  • Asdini Sari Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: LKPD, Problem Based Learning (PBL), bangun ruang sisi datar

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) adalah salah satu hal yang bisa menunjang kegiatan proses pembelajaran di dunia pendidikan. LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) diharapkan bisa membantu siswa belajar menjadi lebih aktif, kreatif dan, menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar yang valid. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Metode penelitian ini hanya menggunakan 5 langkah karena keterbatasan penulis dari segi waktu dan kondisi, yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain. Teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi oleh penilaian 3 validator. Hasil uji validasi terhadap LKPD mencapai kriteria valid dengan diperoleh skor rata-rata 3,28. Dengan demikian, dihasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi bangun ruang sisi datar yang valid.

References

Apertha, F. K. P., Zulkardi & Yusup, M. 2018. Pengembangan LKPD berbasis Open- Ended Problem pada materi segiempat kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. 12(2). 47-62.

Cicilia, Y., & Vebrianto. R. 2020. Survei Penilaian LKPD Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(4). 83-94.

Fannie, R. D., & Rohatie. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika. 8(1). 96-109.

Jumairi. 2015. Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Evektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang. 1(3). 9- 18.

Khasanah, F., & Prihono, E, W. 2020. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika.8 (1).74-87.

Pansa, H. N. 2017. Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Matematika Bersama UIN Raden Intan Lampung. Hlm 229-238.

Rahmah, A., Karim, & Kamaliayah. 2022. Pengembangan LKPD Berbasis masalah dengan konteks Lahan Basah Pada Materi Sistem pPersamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP/MTS. Jurmadikta, 2(1) : 75-88.

Rosidah, C. T. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa. II(1). 62-71.

Rupaidah, A., & Danaryanti, A. 2013. Pengembangan LKS dengan Pendekatan Realistik pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika.1 (1). 10-17.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development.Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H. S., & Nababan. S. . 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah SMA SE-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia. IX(2). 56-70.

Zulfah. 2017. Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Materi Matematika Semester 1 kelas VIII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal pendidikan matematika. 1(2). 1-12.

Published
2022-11-30
How to Cite
Maulida, E., Zulkarnain, I., & Sari, A. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. JURMADIKTA, 2(3), 11-19. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1272
Section
Articles