PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP

  • Olma Mahlina UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Hidayah Ansori UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
  • Yuni Suryaningsih UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Keywords: LKPD, Etnomatematika, Pasar Terapung, Aritmatika Sosial

Abstract

LKPD berbasis etnomatematika adalah bahan ajar yang yang di dalamnya terdapat rangkuman materi, rumus-rumus, latihan soal, dan petunjuk pengerjaan yang berkaitan dengan kebudayaan yang sesuai dengan Kompetensi Dasar. LKPD tersebut dapat menunjang pembelajaran matematika agar peserta didik mampu menghubungkan konsep matematik dengan kehidupan sehari-hari terutama pada kebudayaan sekitar tempat tinggal dan lebih aktif dalam pembelajaran matematika. Maka, dikembangkanlah LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung. Tujuan pengembangan ini yaitu untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung materi aritmatika sosial untuk siswa kelas VII SMP dan (2) menghasilkan LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung pada materi aritmatika sosial untuk siswa kelas VII SMP yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Penelitian ini melalui tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Pada tahap pengembangan (develop) hanya sampai pada validasi oleh ahli. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui lembar validasi ahli. Validasi dilaksanakan oleh 3 validator. Berdasarkan hasil uji validitas LKPD, rata-rata persentase kevalidan LKPD sebesar 88% dengan tingkat validitas sangat valid. Oleh karena itu, LKPD berbasis etnomatematika pasar terapung pada materi

References

Aminah, N., dan Irawati. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Kubus dan Balok. Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol 3, No 2 (2018). Hal 137-144.

Ansori, H., & Amalia, R. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2).

Ansori, H., Noorbaiti, R., & Hidayanto, T. (2020). Critical Thinking Skill of Prospective Mathematics Teachers in Solving the Two-Dimensional Geometry Problem. Journal of Physics: Conference Series.

As'ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Matematika Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Aulia, R. A. (2021). Pengembangan LKPD pada Materi SPLDV Berbasis Etnomatematika Pasar Terapung di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat: tidak diterbitkan.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Hidayati, M. U. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Aritmetika Sosial Untuk Siswa Kelas VII. Skripsi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta: Publikasi Ilmiah.

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang MI. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 21-31.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suci, N. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 645-656.

Rasmita, Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Aplikasi Turunan Fungsi Kelas XI MIPA SMAN 5 Banjarmasin. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 190-199.

Published
2022-11-30
How to Cite
Mahlina, O., Ansori, H., & Suryaningsih, Y. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PASAR TERAPUNG PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. JURMADIKTA, 2(3), 1-10. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1260
Section
Articles