PENGEMBANGAN VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MATERI MATRIKS UNTUK KELAS XI SMA BERBANTUAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK”

  • Rizka Amelia Universitas Lambung Mangurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangurat
Keywords: media pembelajaran, video pendukung pembelajaran, matriks, media sosial tiktok

Abstract

Media pembelajaran berupa video sudah banyak digunakan dalam pembelajaran karena mempermudah siswa dalam belajar. Namun, tidak semua video disukai oleh siswa terutama jika video yang disajikan memiliki durasi yang sangat panjang dan sulit diakses. Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya motivasi belajar siswa. Untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan memanfaatkan media sosial seperti aplikasi TikTok yang kini sedang tren di kalangan anak muda. Dengan konsep video berdurasi pendek dan daya tarik dari platform tersebut diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan video pendukung pembelajaran pada materi matriks untuk kelas XI SMA berbantu media sosial TikTok yang valid. Penelitian ini dilakukan melalui metode Research and Development memakai model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel & Semmel, namun pada penelitian ini hanya melakukan tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi. Ada tiga orang ahli yang melakukan validasi, yaitu dua dosen prodi pendidikan matematika dan satu orang guru matematika SMA. Berdasarkan penilaian yang diberikan oleh tiga orang validator didapatkan skor rata-rata sebesar 83,04% dengan kriteria cukup valid. Dengan demikian, kriteria kevalidan video pendukung pembelajaran pada materi matriks untuk kelas XI SMA berbantu media sosial TikTok telah tercapai.

Published
2022-03-21
How to Cite
Amelia, R., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MATERI MATRIKS UNTUK KELAS XI SMA BERBANTUAN MEDIA SOSIAL “TIKTOK”. JURMADIKTA, 2(1), 89-99. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1225
Section
Articles