PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP

  • Noor Aini Universitas Lambung Mangurat
  • Hidayah Ansori Universitas Lambung Mangurat
  • Indah Budiarti Universitas Lambung Mangurat
Keywords: pengembangan, modul, HOTS, SPLDV

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang memegang kontribusi sangat penting dalam pendidikan. Akan tetapi, pendapat sebagian siswa mata pelajaran matematika masih dianggap mata pelajaran yang sulit. Seiring berjalannya waktu, pembelajaran matematika perlu memenuhi tuntutan abad 21 dan ditunjang dengan keterampilan berpokok Higher Order Thinking Skills (HOTS). Salah satu solusi untuk memecahkan hal tersebut adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berpokok HOTS berupa modul pembelajaran berpokok HOTS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat modul sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) berpokok Keterampilan Berpikir Tingkat Lanjut (HOTS) untuk pembelajaran matematika tingkat SMP yang valid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D dengan tiga tahapan yaitu definisi, desain, dan pengembangan. Pada tahap pengembangan, tiga ahli melakukan uji validasi sebagai validator. Di sini, dua guru berpengalaman STKIP PGRI Banjarmasin dan satu guru berpengalaman SMP Negeri 14 Banjarmasin. Berdasarkan hasil uji validasi lembar validasi, nilai rata-rata (Va) untuk semua aspek evaluasi adalah 3,32, sehingga modul sistem persamaan sistem linear dua variabel berpokok kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) untuk matematika menengah pertama termasuk dalam kategori yang valid.

Published
2022-03-21
How to Cite
Aini, N., Ansori, H., & Budiarti, I. (2022). PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMP. JURMADIKTA, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1223
Section
Articles