PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN BERBASIS BUDAYA BANJAR UNTUK SISWA SMP KELAS VII

  • St. Malianor Universitas Lambung Mangurat
  • Siti Mawaddah Universitas Lambung Mangurat
  • Rizki Amalia Universitas Lambung Mangurat
Keywords: Media pembelajaran, Video, Perbandingan, Budaya Banjar

Abstract

Materi perbandingan adalah materi dalam matematika yang mana dapat dikaitkan dengan konteks budaya lokal yang ada di kehidupan sehari-hari siswa. Berdasarkan pada wawancara dengan guru matematika di SMPN 1 Bati-bati, ketika mempelajari materi perbandingan siswa kesulitan dalam memahami konsep. Selain itu, pada masa pandemi wabah covid-19, siswa akan kesulitan mempelajari materi perbandingan jika hanya membaca buku, sehingga diperlukan suatu media yang dapat berperan bagi siswa untuk belajar secara jarak jauh dari rumah. Salah satu media yang cocok adalah berupa video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan video pembelajaran materi perbandingan berbasis budaya Banjar untuk siswa SMP kelas VII dengan kriteria valid. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yang memakai model 4D yang mecakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Namun, tahapan yang dilakukan hanya sampai tahap ketiga yakni sampai pada tahap validasi ahli. Data kualitatif dan kuantitatif adalah jenis data pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data memakai lembar validasi. Uji validitas produk oleh dua ahli materi dan satu ahli media. Nilai rata-rata yang didapatkan dari ahli materi ialah 3.58 dengan kategori valid. Kemudian, nilai rata-rata yang didapatkan dari ahli media dari semua aspek mengenai media ialah 3,18 dengan kriteria valid. Sehingga, dihasilkan video pembelajaran yang valid.

Published
2022-03-21
How to Cite
Malianor, S., Mawaddah, S., & Amalia, R. (2022). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN BERBASIS BUDAYA BANJAR UNTUK SISWA SMP KELAS VII. JURMADIKTA, 2(1), 39-47. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1220
Section
Articles