PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MODUL BERBANTUAN GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA SMP

  • Nur Amalina Shafriyanti Universitas Lambung Mangurat
  • Iskandar Zulkarnain Universitas Lambung Mangurat
  • Taufiq Hidayanto Universitas Lambung Mangurat
Keywords: Bahan ajar, modul, gambar, SPLDV

Abstract

Pengembangan bahan ajar perlu dilaksanakan oleh guru agar kualitas dan efesiensi pembelajaran meningkat. Terdapat temuan bahwa bahan ajar yang dipakai saat pembelajaran hanya mengandalkan buku paket dari sekolah dan dinilai kurang menarik minat siswa. Diharapkan dengan bahan ajar berbentuk modul berbantuan gambar mampu menarik minat siswa ketika mempelajari dan memahami konsep sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan bahan ajar berbentuk modul berbantuan gambar pada bahasan SPLDV yang valid. Metode yang dipilih peneliti penelitian pengembangan  yang memakai model 4-D. Tahap yang dikerjakan mencakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan memakai lembar validasi yang diberikan kepada tiga orang ahli sebagai validator.  Hasil analisis validitas menunjukkan modul memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata seluruh aspek sebesar 82,29%

Published
2022-03-21
How to Cite
Shafriyanti, N., Zulkarnain, I., & Hidayanto, T. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MODUL BERBANTUAN GAMBAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA SMP. JURMADIKTA, 2(1), 31-38. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1219
Section
Articles