PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Muhammad Hisni Universitas Lambung Mangurat
  • Hidayah Ansori
  • Asdini Sari Universitas Lambung Mangurat
Keywords: pengembangan, LKPD, etnomatematika, budaya Banjar, bangun ruang sisi datar

Abstract

Upaya menumbuhkan sikap menghargai dan menjunjung tinggi arti kebudayaan bisa dengan melaui proses pendidikan. Kebudayaan bisa ditanamkan dengan melalui pembelajaran matematika, akan tetapi yang menjadi jembatan antara matematika dan budaya yaitu etnomatematika. Oleh karena itu, dilakukan penelitian berupa pengembangan yang pada dasarnya bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomamatika budaya Banjar yang valid. Merangsang peserta didik agar menjadi lebih aktif saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran maka dari itu diperlukan suatu inovasi agar pembelajaran terkesan menarik dalam suatu kegiatan pembelajaran yaitu dengan menyediakan suatu perangkat pembelajaran yang inovatif. Menyedikan perangkat pembelajaran matematika berbasis budaya Banjar merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut. Pengkajian pengembangan yang dilaksanakan adalah pengembangan LKPD matematika berbasis etnomatematika budaya Banjar materi bangun ruang sisi datar SMPN kelas VIII. Pengkajian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang dilakukan dengan empat tahap, diantaranya tahap investigasi awal, perancangan, realisasi/konstruksi,tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahap tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji kevaliditasan oleh tiga validator/dosen ahli. LKPD tersebut dianalisis dengan  metode deskriptif kuantitatif  berupa Intrumen validasi pakar yang di gunakan yang berisikan jawaban dengan skor/penilaian yang bervariasi. Wujud yang telah dihasikan daril uji validitas untuk perangkat pembelajaran berupa LKPD yang sudah dikembangkan menunjukkan LKPD tersebut mencapai kriteria valid. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa LKPD berbasis etnomatematika budaya Banjar SMPN  yang valid.

Published
2022-03-21
How to Cite
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. JURMADIKTA, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218
Section
Articles