PENGEMBANGAN MODUL BERBENTUK BUKLET BERBASIS ETNOMATEMATIKA KERAJINAN SASIRANGAN MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL
Abstract
Etnomatematika, selain dapat meningkatkan rasa cinta budaya peserta didik, juga dapat membantu mereka dalam memahami penerapan konsep matematika di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada bidang kebudayaan. Sayangnya, etnomatematika masih jarang diterapkan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan dalam rangka menghasilkan modul dalam bentuk buklet berbasis etnomatematika produk kerajinan sasirangan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel untuk tingkat sekolah menengah atas yang valid. Penelitian ini menerapkan model pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu model 4D, yang telah dimodifikasi. Penelitian ini diawali dengan tahap define (pendefinisian), kemudian tahap design (perancangan), hingga terakhir ialah tahap development (pengembangan). Pada tahap pengembangan dilakukan validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator melalui lembar validasi. Kemudian, dilakukan analisis kuantitatif terhadap skor yang diperoleh dari lembar validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki skor 3,34 yang mana skor tersebut memenuhi kriteria valid namun masih memerlukan perbaikan. Adapun perbaikan dilakukan dengan mengacu pada saran-saran yang diberikan oleh validator.