MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMAN 6 BANJARMASIN

  • Debora Novilia Pasaribu Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Aktivitas siswa, hasil belajar, probing prompting, audio visual, kelarutan dan hasil kali kelarutan

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penggunaan model pembelajaran probing prompting berbantuan media audio visual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini bertujuan (1) meningkatkan aktivitas siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan serta (3) mengetahui respon siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 36 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa meningkat dari 41,21 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 52,53 (aktif) pada siklus II, (2) terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan jumlah berturut-turut sebesar 52,78%, 13,57 (cukup baik) dan 16,64 (cukup terampil) pada siklus I menjadi 88,89%, 16,24 (baik) dan 19,31 (terampil) pada siklus II dan (3) siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan media audio visual pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

References

Devi, E. K. (2015). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas X di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 23-31.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Faizah, S. S., Miswadi, & Haryani. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 120-128.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muliyati, Dewi. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran KAPRA Berbantuan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X-1 di SMA PGRI 1 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi Sarjana. ULM, Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Saputra, M. (2015). Penerapan Model Probing Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X-A Madrasah Aliyah Negeri Kelua Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana. ULM, Banjarmasin. Tidak Dipublikasikan.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Published
2019-04-29
How to Cite
Pasaribu, D., Iriani, R., & Bakti, I. (2019). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMAN 6 BANJARMASIN. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(2), 168-177. Retrieved from http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/95