PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Sarifah Nabila Zahra Alqadri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline, Auditory Intellectually dan Repetition (AIR), larutan penyangga

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline dengan model pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Research and development (R & D) dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar kognitif. Analisis data dilakukan melalui persentase uji validitas, rata-rata skor angket respon, dan uji N-gain pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) Valid dengan persentase 95,0% yang berkategori sangat valid; (2) Praktis dengan skor rata-rata 3.23 yang berkategori baik pada uji perorangan, 3.47 yang berkategori sangat baik pada uji kelompok kecil; 3.45 yang berkategori sangat baik dari respon peserta didik, dan 3.60 yang berkategori sangat baik dari aktivitas mengajar guru (3) efektif dengan nilai N-gain sebesar 0,76 yang berkategori tinggi. Sehinggs dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline dengan model pembelajaran AIR valid, praktis dan efektif, serta dapat digunakan pada proses pmebelajaran

References

Akbar, M., Irhasyuarna, Y., & Rusmansyah, d. (2015, April). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. QUANTUM Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 65-77 .

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Fauji, A., & Winarti, A. (2015). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) pada Materi Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 1-10.

Hardiyanti, I. G., Wahyuni, D. S., & Darmawiguna, I. G. (2013). Pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas X. KARMAPATI, 519-524.

Mas’adah, Wasis, & Prastowo, T. (2019). Development Of Guided Inquiry Learning Model By Articulate Storyline Media On Elasticity Materials To Increase Student’s Motivation And Learning Achievement. International Journal of Scientific and Research Publications, 9(12), 432-438.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2002, March). Animation As An Aid Multimedia Learning. Educational Psychology Review, 12(1).

Ningrum, A. S., & Ma’rifah, A. (2015). Developing an Articulate Stroryline for Teaching English in MA Al-Manar Prambon Nganjuk. Proceeding International Conference of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges, 210-221.

Nopriyanti, & Sudira, P. (2015, Juni). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 222-234.

NurAttin, Ibrahim, A., & M.Hadeli. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Materi Pokok Larutan Penyangga Untuk Kelas XI IPA Di SMA NEGERI 3 Unggulan Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 6(1), 1-11.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rushapiana, R., Mahdian, M., & Rusmansyah, R. (2018). Penerapan model auditoy intellectually repetition (AIR) dalam pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JCAE (Journal of Chemistry and Education), 1(3), 218-224.

Surjono, H. D. (2017). MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Sutarno, E., & Mukhidin. (2013, Mei). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3), 203-218.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. University of Minnesota.

Winarti, E., & Suharto, B. (2017). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Pada Materi Larutan Penyangga Di Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Journal Of Chemistry And Education, 1(1), 28-36.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di SMK NEGERI 1 JETIS Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(03), 845-849.

Yuswanti. (2014). Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4).

Published
2021-06-12
How to Cite
Alqadri, S., Iriani, R., & Hamid, A. (2021). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(3), 108-115. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i3.782