MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI ASAM-BASA

  • Annisa Zakiyah Fajriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Almubarak Almubarak Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keterampilan berpikir kritis, learning cycle 6E, multiple representasi, asam basa

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian dengan menerapkan pembelajaran model Learning Cycle 6E berbasis multi-representasi materi asam basa. Tujuan penelitian meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 2 Banjarmasin sebanyak 36 peserta didik Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan instrumen penilaian berupa tes dan non tes. Faktor yang diteliti berupa (1) aktivitas guru, (2) aktivitas peserta didik, (3) keterampilan berpikir kritis dan (4) respon. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, teknik angket dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I dengan skor 54,67 meningkat menjadi skor 63,34 pada kategori aktif pada siklus II, (2) Aktivitas peserta didik siklus I dengan6 skor 54,21 meningkat menjadi skor 65,08 pada kategori sangat aktif pada siklus II (3) Keterampilan berpikir kritis peserta didik siklus I dengan persentase rata-rata 41,11% kategori cukup kemudian naik menjadi 81,48% pada kategori sangat kritis pada siklus II, (4) Respon peserta didik menunjukan kategori baik. Model pembelajaran Learning Cycle 6E berbasis Multiple Representasi dari hasil penelitian diketahui mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi asam basa.

References

Achmaliya, N., Rosilawati, I., Kadaritna, N., & Sunyono. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Teori Tumbuhan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5(1) 114-127.

Aksela, M. (2005). Supporting Meaningful Chemistry Learning and Higher-order Thinking through Computer-Assisted Inquiry: A Design Research Approach. In University of Helsinki.

Ardac, D., & Akaygun, S. (2012). Using Static and Dynamic Visuals to Represent Chemical Change at. International Journal of Science Education, 1269-1298.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Barak, M., & Dori, Y. (2009). Enhancing Higher Order Thinnking Skills Among Inservice Science Teachers Via Embedded Assesment. J Sci Teacher Edu, 459-474.

Barke, H., Hazari, A., & Yitbarek, S. (2009). Miscoceptions in Chemistry (Addresing Perceptions in Chemical Education.

Behmke, D., Kerven, D., Lutz, R., Paredes, J., Pennington, R., Brannock, E., et al. (2018). Augmented Reality Chemistry: Transforming 2-D Molecular Representations into Interactive 3-D Structure. Proceedings of Interdisciplinary STEM Teaching and Learning Conference, 3-11.

Berkel, Berry, V., Pilot, A., Bulte, & Astrid, M. (2009). Micro-Macro Thinking in Chemical Education: Why and How to Escape. In D. F. Gilbert, John, K.,& Treagust (Ed.), Multiple Representations in Chemical Education. Models and Modeling in Science Education.

Cohen, R., & Swerdlik, M. (2010). Psychologycal Testing and Assessment 7th Edition. New York: McGraw-Hill.

Darmiyanti, W., Rahmawati, Y., & Ridwan, A. (2017). Analisis Model Mental Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 8E pada Materi Hidrolisis Garam. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(1) 38-51.

Ernida, R., Hamid, A., & Nurdiniah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Multi Reprsentasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Chemistry And Education (JCAE), 1(1) 119-130.

Gilbert, J., & Treagust, D. (2009). Introduction: Macro, Submicro and Symbolic Representations and the Relationship Between Them: Key Models in Chemical Education. In Multiple Representations in Chemical Education, Models and Modeling in Science Education.

Hugerat, M., & Kortam, N. (2014). Improving Higher Order Thinking Skills among freshmen by Teaching Science through Inquiry. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 447-454.

Indrayani, P. (2012). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya Dengan Pendekatan Mikroskopik (Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Indrayani, P. (2013). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik dan Simbolik Titrasi Asam Basa Peserta didik Kelas XI IPA SMA Serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2) 109-120.

Kahveci, A. (2009). Exploring Chemistry Teacher Candidates Profile Characteristics, Teaching Attitudes and Beliefs, and Chemistry Conceptions. Chemistry Education Research and Parctice, 10(2) 109-120.

Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5e Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas XI MIA 3 MAN 1 Banjarmasin. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), 209-217.

Ryan, S., & Herrington, D. (2014). Sticky Ions: A Student-Centered Activity Using Magnetic Models to Explore the Dissolving of Ionic Compounds. Journal of Chemical Education, 860-863.

Sastrika, I., Sadia, I., & Muderawan, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2) 194-204.

Suardana, I., Redhana, I., Sudiatmika, A., & Selamat, I. (2018). Students' Critical Thinking Skills in Chemistry Learning Using Local Culture-Based 7E Learning Cycle Model. International Journal of Instruction, 399-412.

Uce, M., & Ceyhan, I. (2019). Misconception in Chemistry Education and Practices to Eliminate Them: Literature Analysis. Journal of Education and Training Studies, 7(3) 202-208.

Uzuntiryaki-Kondakci, E., & Capa-Aydin, Y. (2013). Predicting Critical Thinking Skills of University Students through Metacognitive Self-Regulation Skills and Chemistry Self-Efficacy. Educational Science: Theory and Practice, 13(1) 666-670.

Yulianingtyas, E., Budiasih, E., & Marfuah, S. (2017). Pengaruh Pengunaan Jurnal Belajar Dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 6E Terhadap Kesadaran Metakognitif Peserta didik SMAN 8 Malang Pada Materi Redoks. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 724-730.
Published
2021-06-12
How to Cite
Fajriani, A., Saadi, P., & Almubarak, A. (2021). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA MATERI ASAM-BASA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(3), 84-92. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i3.779