MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL FPOEIL

  • Fedinafaliza Fedinafaliza Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: berpikir reflektif, hasil belajar, FPOEIL

Abstract

Peserta didik kesulitan dalam merefleksikan konsep atau materi Koloid ke dalam kehidupan sehari-hari karena proses pembelajaran yang bersifat menghafal. Keadaan tersebut mengakibatkan kemampuan berpikir reflektif peserta didik harus ditingkatkan. Kegiatan pembelajaran harusnya berupa pengujian gagasan dan penyelidikan (inquiry). Model pembelajaran yang dapat diterapkan yakni model Five-stage Prediction Observation Explanation Inquiry based Learning (FPOEIL). Penelitian tentang penerapan model FPOEIL pada materi Koloid ini bertujuan untuk meningkatkan (1) kemampuan berpikir reflektif dan (2) hasil belajar. Penelitian ini menggunakan rancangan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan jumlah 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar pengetahuan dan berpikir reflektif serta angket sikap, keterampilan, aktivitas guru dan peserta didik. Validitas instrumen tes yakni 1 dengan koefisien reliabilitas yakni 0,72 dan 0,78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir reflektif meningkat dari kategori Cukup Reflektif menjadi Reflektif dan (2) hasil belajar pengetahuan meningkat dari 47,06% menjadi 82,35%.

References

Aidoo, B., Boateng, S. K., Kissi, P. S., & Ofori, I. (2016). Effect of Problem-Based Learning on Students' Achievement in Chemistry. Journal of Education and Practice, 7(33), 103-108.

Arafah, S., & Hamid, A. (2016). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS BER-SETTING MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 83-94.

Ariani, M., Hamid, A., & Leny, L. (2015). Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada siswa kelas xi ipa 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1).

Arsal, Z. (2017). The Impact of Inquiry-based Learning on the Critical Thinking Dispositions of Pre-service Science Teachers. International Journal of Science Education, 1-13. doi:10.1080/09500693.2017.1329564

Chen, J., Wang, M., Dede, C., & Grotzer, T. A. (2017). Design of A Three-Dimensional Cognitive Mapping Approach to Support Inquiry Learning. Educational Technology & Society, 20(4), 191-204.

Ellianawati, Rusdiana, D., Sabandar, J., & Rusli, A. (2014). Capaian Level Berpikir Reflektif Mahasiswa Program Remidial Perkuliahan Fisika Matematika 1 Berbasis Cognitive Apprenticeship Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2), 150-157. doi:10.15294/jpfi.v10i2.3351

Hsiao, H. S., Chen, J. C., Hong, J. C., Chen, P. H., Lu, C. C., & Chen, S. Y. (2017). A Five-stage Prediction-Observation-Explanation Inquiry-based Learning Model to Improve Students Learning Performance in Science Courses. Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3393-3416. doi:10.12973/eurasia.2017.00735a

Ika, J., Sumarti, S. S., & Widodo, A. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Koloid. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 1-10.

Lutfiananda, I. M., Mardiyana, & Saputro, D. R. (2016). Analisis Proses Berpikir Reflektif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Non Rutin di Kelas VIII SMP Islamic International School Pesantren Sabilil Muttaqien (IIS PSM) Magetan Ditinjau dari Kemampuan Awal. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 812-823.

Putri, N. L., Hakim, A., & Junaidi, E. (2015). Pengaruh Penerapan Keterampilan Proses Sains pada Materi Pokok Koloid Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Mataram Tahun Ajaran 2013/2014. Widya Pustaka Pendidikan, 3(1), 1-10.

Rachmadhan, O., Arifin, Z., & Silvana, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Siswa Kelas IV di Sekolah Alam Cikeas. Edutcehnologia, 3(1), 1-12.

Sahhyar, & Nst, F. H. (2017). The Effect of Scientific Inquiry Learning Model Based on Conceptual Change on Physics Cognitive Competence and

Science Process Skill (SPS) of Students at Senior High School. Journal of Education and Practice, 8(5), 120-126.

Solfarina. (2012). Pembelajaran Ikatan Kimia Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Reflektif bagi Mahasiswa Calon Guru. Universitas Pendidikan Indonesia: Repository.upi.edu.

Susanto, F. N., Hidayat, A., & Maspupah, M. (2017). Penerapan Model Pembelajarana Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Indera Manusia di SMAN 3 Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Biologi, 1-9.

Wardhani, I., & Wihardit, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yulianto, E., Sopyan, A., & Yulianto, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(3), 1-6.

Published
2021-02-19
How to Cite
Fedinafaliza, F., Mahdian, M., & Irhasyuarna, Y. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN HASIL BELAJAR MELALUI IMPLEMENTASI MODEL FPOEIL. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(2), 58-66. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i2.623