PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CHEMSKETCH DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROKARBON

  • Nuranisa Nuranisa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Yudha Irhasyuarna Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: aplikasi chemsketch, metode resitasi, hasil belajar, hidrokarbon

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penggunaan aplikasi chemsketch dengan metode resitasi pada materi hidrokarbon untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Pulau Laut Selatan Kotabaru. Penelitian ini menggunakan empat kelas yaitu 3 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 yang menerapkan pembelajaran yang menggunakan aplikasi chemsketch dengan metode resitasi pada kelas X4. Kelas eksperimen 2 mendapatkan pengajaran yang menerapkan metode resitasi pada kelas X1. Kelas eksperimen 3 yang mendapatkan pengajaran dengan menerapkan aplikasi chemsketch pada kelas X3 dan kelas kontrol menerapkan pembelajaran ekspositori pada kelas X2. Metode yang digunakan adalah quasi experimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel bebasnya adalah aplikasi chemsketch dan metode resitasi, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah sikap dan keterampilan. Analisis inferensial menggunakan uji anava 1 jalur (one way anava) untuk menganalisis perbedaan eksperimen 1, 2, 3, dan kontrol terhadap hasil belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Hasil rata-rata validitas yang didapatkan sebesar 0,99 yang berarti instrumen dikatakan valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,79 termasuk dalam kategori sedang sehingga dapat dipercaya sebagai alat ukur dan layak digunakan untuk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar pada eksperimen 1, 2, 3 dan Kontrol. Eksperimen yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar dalam penelitian ini adalah eksperimen 1 yang menggunakan aplikasi chemsketch dengan metode resitasi kemudian disusul dengan eksperimen 3 yang menggunakan aplikasi chemsketch dan yang terakhir adalah eksperimen 2 yang menerapkan metode resitasi.

References

Agustina, E., C.S, A. N., & Mulyani, S. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran JIGSAW Berbantuan Handout untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XC SMA Negeri 1 Gubug Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 66-71.

Akbar, M., Irhasyuarna, Y., & Rusmansyah. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Pada Materi Sistem Koloid. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 65-77.

Arikunto, S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Cody, J. A., Craig, P. A., Loudermilk, A. D., Yacci, P. M., Frisco, S. L., & Milillo, J. R. (2012). Design and Implementation of a Self-Directed Stereo chemistry Lesson Using Embedded Virtual Three-Dimensional Images in a Portable Document Format. Journal of Chemical Education, 29-33.

Emzir. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja grafindo persada.

Fahmi, & Irhasyuarna, Y. (2017). Misconception of Banjarmasin State High School Students in Chemical Commitment Materials. Journal of Research & Method in Education, 54-61.

Ismail, M., Laliyo, L. A., & Alio, L. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Ikatan Kimia dengan Menerapkan Strategi Pembelajaran Peta Konsep Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri I Telaga. Jurnal Entropi, 1-10.

Li, Z., Wan, H., Shi, Y., & Ouyang, P. (2004). Personal Experience with Four Kinds of Chemical Structure Drawing Software: Review on ChemDraw, ChemWindow, ISIS/Draw, and Chemsketch. Journal Chemistry Information Computation Science, 1886-1890.

Perdana, D. D., Utomo, S. B., & Yamtinah, S. (2014). Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Soal Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 74-79.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sitepu, C. P. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Media Chemsketch dalam Pembelajaran yang Menggunakan Metode Resitasi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kimia di SMK Kelas XI. Jurnal Ilmiah, 1-19.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Umar, I. N., & Aziz, Z. A. (2015). The effects of multimedia with different modes of presentation on recitation skills among students with different self-regulated learning level. Journal Procedia Social and Behavioral Sciences, 1962–1968.

Utami, H. H., Sulfikar, & Anwar, M. (2017). Pengaruh Chemsketch dalam Penulisan Struktur Kimia Pada Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Siswa (Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 96-100.

Wibowo, D. A., & Hermawan, Y. (2014). Penerapan Metode Resitasi dan Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Galuh. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1-12.
Published
2020-11-26
How to Cite
Nuranisa, N., Irhasyuarna, Y., & Iriani, R. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI CHEMSKETCH DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROKARBON. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(1), 24-33. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i1.529