MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID

  • Aulia Ulfah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Self-efficacy, kreatif, PjBL, koloid

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang meningkatkan self-efficacy dan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model PjBL pada materi koloid di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Banjarmasin dengan 35 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan (1) keterlaksanaan aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) self-efficacy siswa, dan (4) kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model John Elliot 2 siklus dengan 2 pertemuan disetiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan (1) keterlaksanaan aktivitas guru dari kategori cukup baik menjadi baik, (2) aktivitas siswa dari kategori cukup aktif menjadi aktif, (3) self-efficacy siswa dari kategori sedang menjadi tinggi, dan (4) kemampuan berpikir kreatif siswa dari kategori cukup kreatif menjadi kreatif.

References

Aminullah. (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan UMM (43-51). Mataram: Universitas Mahasaraswati Mataram.

Antika, R. N., & Sulton, N. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Seminar terhdap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1-10.

Ariani, M., Hamid, A., & Leny. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 98-107.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman and Company.

Filsame, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Fitri, M. A., Rusmansyah, & Bakti, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Materi Koloid Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy Peserta didik Kelas XI IPA di SMA Negeri 9 Banjarmasin. Skripsi Sarjana: Universitas Lambung Mangkurat

Harbert. (2017). Using Critical Thinking Teaching Methods To Increase Student Success : An Action Research Project. Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 3 (2).

Hidayati, N., Leny, & Iriani, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning dengan Pendekatan Flipped Classroom terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Kesetimbangan Ion dalam Larutan Garam. Proceedings of The Innovation of Chemistry Education in Confronting Disruption Era to Build Excellent and Productive Generation (99-107). Banjarmasin: Pendidikan Kimia FKIP ULM.

Hu, W., & Adey, P. (2010). A Scientific Creativity test for Secondary School Students. International Journal of Science and Education, 389-403.
Lubis, A. F. (2018). Upaya Meningkatkan Kreatifitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 192-201.

Mastulfiah. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada TK Wardhatussolihin melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam pembelajaran. Jurnal Langsat, 4(1): 29-34.

Maulidah, A., Rusmansyah, & Leny. (2017). Meningkatkan Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kritis dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Laboratory Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 1 SMA PGRI 4. Journal Of Chemistry And Education, 1-10.

Murjani, A., & Hamid, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Larutan Penyangga. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 103-108.

Rahmazatullaili, Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Project Based Learning. Beta Jurnal Tadris Matematika, 8-13.

Sutirman. (2013). Media & Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyu, Rusmansyah, & Sholahuddin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving Pada Materi Sistem Koloid,. Jurnal Vidya Karya, 32 (1).

Yusnaeni, Susilo, H., Corebima, A., & Zubaidah, S. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi, 443-446
Published
2020-05-26
How to Cite
Ulfah, A., Rusmansyah, R., & Hamid, A. (2020). MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 90-96. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i3.423