PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI KOLOID
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan e-modul materi koloid berbasis filipbook dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.. Jenis penelitian ini adalah Reaseearch and Devrelopment (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, desiign, development, disseminatte). E-modul di uji coba pada kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 8 Barabai Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angkeet dan tes hasil belajar. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Diketahui kevalidan e-modul dengan kategori sangat valid, kepraktisan e-modul dengan kategori sangat baik, dan efeektif dalam meningkatkan hasil belajar siiswa dengan N-gain kategori tinggi. E-modul berbasis flipbook dengan model PBL ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran pada materi koloid.
References
Abdullah, Ramadhan, S., & Linda, R. (2020). Pengembangan E-Module Interaktif Chemistry Magazine Berbasis Kvisoft Flipbook Maker pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Zarah, 8(1), 7-13.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psychology Testing and Assesment: An Introduction to Test and Measurement. New York: McGraw-Hill.
Dewi, M. S., & Lestari, M. A. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433- 441.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Erdi, P. N., & Padwa, T. R. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JURNAL VOKASI INFORMATIKA, 1(1), 23-2
Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 826-838.
Hasrah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN. Phinisi Integration Review, 2(2), 238.
Khamidah, N., Winarto, & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning: Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 87-99.
Pramana, M. W., & Jampel, I. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17-32.
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 4(1), 51-58.
Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2025 JCAE (Journal of Chemistry And Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.