PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI

  • Nita Saila Putri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Problem Solving, Motivasi, Stoikiometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model problem solving pada materi stoikiometri di SMA PGRI 6 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group design dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah kelas X MIPA, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dari data tersebut, dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol di SMA PGRI 6 Banjarmasin.

References

Apriani, N. D. (2015). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Thingking Aloud Pairs Problem Solving Pada Mata Kuliah Aljabar Linear. Jurnal Beta, 142-152.

Bounjaoude, S., & Barakat, H. (2003). Students Problem Solving Strategies in Stoichiometry and their Prelationships to Conceptual Understanding and Learning Aprroaches. Electronic Journal of Science Education.

Dewi, A. A., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. (2018). Efektifitas Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan penguasaan Konsep Materi Elektrolit/Non Elektrolit. Science Education.

Fajria, F., Rahmatan , H., & Halim, A. (2017). dampak Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 86-93.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 104- 117.

Herman, & Saadi, P. (2017). Penerapan Model Problem Solving Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Materi Hidrolisis Garam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 52-62.

Hidayati, N., Leny, & Iriani, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Based Learning Dengan Pendekatan Flipped Classroom Terhadap Self Efficancy dan Hasil Belajar Kesetimbangan Ion Dalam Larutan Garam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 99-107.

Keller, J. M. (2010). Motivation Design for Learning and Performance : the ARCS Model Approach. You York: Springer.

Khairani, I., & Safitri, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAN Rukoh Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 32-41.

Muklhis. (2017). Pembelajaran Model Problem Solving Materi Stoikiometri Pada Mata Kuliah Kimia Dasar 1 Untuk Meningkatkan Motivasi, Keterampilan Genetik Sains dan pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI).

Pristiwanto. (2016). Penerapan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Komponen Peta. Wahana Pedagogika, 127-134.

Rahmawan, A. A., Utomo, S. B., & Sukardjo, J. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan prestasi Belajar Kimia Pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia Siswa kelas X-TP 3 SMK Muhammadiyah 2 Sragen Tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia.

Santoso, B., Budiyono, & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Jigsaw Dengan Pendekatan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kecemasan Menghadapi Tes Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal ElektronikPembelajaran Matematika, 88-98.

Silayusa, P. N., Dantes, N., & Suarni, K. N. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa LB di SLB A Negeri Semarang. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan ganesha, 1-11.

Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. The Journal of Turkish Science Education, 2-20.

Sukma, Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa . Jurnal UNEJ, 59-63.

Viani, D. S., Bahar, A., & Elvinawati. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Chempoly Game dan Tournamen Question Cards. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 55-59.

Yosua, A. W. (2013). Pengaruh Perhatian, Relevansi, Kepercayaan Diri, dan Kepuasan Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Riau di Pekanbaru. Jurnal Motivasi Belajar, 1-15.
Published
2020-01-29
How to Cite
Putri, N., Leny, L., & Mahdian, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 55-63. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.340