Development of a Problem Based Learning E-Module On Green Chemistry With Socio Scientific Issues Context To Enhance Students' Scientific Literacy

  • Nasieka Aulia Putri Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: green chemistry, problem based learning, socio scientific issues, scientific literacy, e-module.

Abstract

Literasi sains peserta didik yang masih tergolong rendah, sesuai yang terlihat dari hasil studi PISA dan kondisi di lapangan, menunjukkan kebutuhan akan inovasi dalam penyediaan bahan ajar yang lebih kontekstual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul Green Chemistry berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks Socio Scientific Issues (SSI), sekaligus menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya dalam menaikkan literasi sains siswa. Metode penelitian yang diterapkan ialah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup 5 tahap yakni: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari lima validator dan peserta siswa kelas X-D di SMA Negeri 10 Banjarmasin. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes dan non-tes, seperti angket validasi ahli, angket keterbacaan, angket respons dari peserta didik dan guru, lembar observasi, serta tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi (96,71%), kepraktisan yang sangat baik (85,40%), serta keefektifan yang terbukti signifikan dalam meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai N-Gain sebesar 79,72, termasuk dalam kategori efektif. Sehingga dengan demikian, e-modul ini dinyatakan berhasil meningkatkan literasi sains secara signifikan.

References

Akbar, I. A. (2015). Uji Validitas Dan Reliabilitas Yo-Yo Intermittent Recovery Test (Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Habibah, F. A. N., & Ulya, A. A. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Socio-Scientific Issues. In Proceeding Seminar Nasional IPA.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Dept. of Physics Indiana University.

Halim, U. N., Sari, M. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa pada Kurikulum Merdeka. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1274–1285.

Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54-68. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337

Manik, A. C., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Analisis Berpikir Kritis Kimia dalam Menyelesaikan Soal Two-Tier Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Jambura Journal of Educational Chemistry, 2(1), 28–39. https://doi.org/10.34312/jjec.v2i1.2999

Nizar, M. N., Utomo, D. H., Putra, A. K., & Soelistijo, D. (2022). Pengembangan Mobile Apps ”Stunami” Pada Materi Mitigasi Bencana. Edu Geography, 11(2), 378–389.

Nora'in, M., Sholahuddin, A., Humaira, N., Rosita, F., Khadijah, S., & Rezani, M. I. (2025). Development and Evaluation of Articulate Storyline-Based Interactive Media: Integration of Socio-Scientific Issues in Hydrocarbon Learning to Enhance Students’ Critical Thinking Skills. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia), 10(2), 421-444. https://doi.org/10.20961/jkpk.v10i2.105973

Permatasari, D., & Aji, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Socio- Scientific Issues Terhadap Scientific Literacy Skills. Proceeding Seminar Nasional IPA, 743–749.

Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152

Ratnawati, E., & Praptomo, S. (2023). Penerapan Pembelajaran Kimia Hijau Melalui Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Kimia SMA The Implementation Of Green Chemistry Learning Through Project Based Learning (PjBL) at Chemistry Subject of Senior High School. UNESA Journal of Chemical Education, 12(2), 141–147.

Rohmaya, N., Suardana, I. N., & Tika, I. N. (2022). Efektifitas E-LKPD Kimia SMA/MA dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Isu-isu Sosial Sains dalam Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(1), 25–33. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.825

Sitepu, D. S. B., & Herlinawati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Ikatan Ion dan Kovalen Untuk SMA Kelas X. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 552–563.

Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 5(2), 1–9.

Published
2025-10-13
How to Cite
Putri, N., Leny, L., Iriani, R., & Rusmansyah, R. (2025). Development of a Problem Based Learning E-Module On Green Chemistry With Socio Scientific Issues Context To Enhance Students’ Scientific Literacy. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 9(1), 46-55. https://doi.org/10.20527/jcae.v9i1.3275