KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID TERINTEGRASI LAHAN BASAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

  • Ahmad Baihaqi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi, dan respon peserta didik pada materi koloid terintegrasi lahan basah di SMAN 4 Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan quasy experiment dengan desain “nonequivalent control group”. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen (36 orang) dan kelas kontrol (36 orang). Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes (keterampilan berpikir kreatif) serta instrumen non tes berupa observasi keterampilan kolaborasi dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencapaian keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 81,42%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 67,15%. N-gain keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 0,77 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 (kategori sedang). Rata-rata keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebesar 76,29%, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 61,57%. Respon peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan model PjBL sangat positif, dengan rata-rata nilai 84%. Dapat disimpulkan, penerapan model PjBL lebih efektif dibandingkan model discovery learning (konvensional) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi peserta didik pada materi koloid terintegrasi lahan basah.

References

Afriana, J., Ismail, & Rahman, A. (2015). Improving Scientific Literacy Through Project-Based Learning. International Seminar Of Science Education, 1–6.

Anantyarta, P. A., & Sari, R. L. . (2017). Keterampilan Kolaboratif Dan Metakognitif Melalui Multimedia Berbasis Means Ends Analysis. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 33–43.

Bahtiar, Maimun, & Anggriani, W. B. L. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Praktikum IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 134–142. https://doi.org/10.32528/bioma.v2i2.821

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 67–75.

Dahlena, J., Hamid, A., & Kusasi, M. (2019). Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kreativitas Ilmiah dan Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 23-30. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.307

Febriyandi, F., & Andromeda, A. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Atau MA. Edukimia, 1(2), 24–30.

Fitri, M. A. ., Hadi, S. ., Sholahuddin, A. ., Rusmansyah, R., Aufa, M. N. ., Hasbie, M. ., & Saputra, M. A. . (2023). The Module Development with Creative Problem Solving Model to Improve Creative Thinking Skills and Self-Efficacy of Junior High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 422–426. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2569

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate Dalam Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2), 826–838.

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respons Siswa Kelas V MI Ma’arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 1(1), 804–821.

Hu, W., & Adey, P. (2010). A Scientific Creativity Test For Secondary School Students. International Journal Of Science And Education, 24(4), 389–403. https://doi.org/10.1080/09500690110098912

Ichsan, I. J., Hasanah, R., Ristanto, R. H., Rusdi, Cahapay, M. B., Widiyawati, Y., & Rahman, M. M. (2020). Designing An Innovative Assessment Of Hots In The Science Learning For The 21st Century. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 211–224.

Khanifah, S., Pukan, K. K., & Sukaesih, S. (2011). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Unnes Journal Of Biology Education, 1(1), 82–89.

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Smp: Systematic Review. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179

Mustafa, L. K., & Suyanta. (2019). Exploring Students’ Integrated Ability And Creativity: Using 7E Learning Cycle Model In Chemistry Learning. Journal Of Physics: Conference Series, 1233(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012019

Rahimah, R., Winarti, A., & Saadi, P. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN “CHEMISTRY MYSTERY BOX” PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI SISWA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 74-81. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.344

Rahmawati, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Abad 21 Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 404–418. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i2.461

Risnawati, & Saadi, P. (2016). Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2), 127–134.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Sari, K. A., Prasetyo, Z. K., & Wibowo, W. S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik IPA Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(8), 461–467.

Semmler, L., & Pietzner, V. (2017). Creativity In Chemistry Class And In General-German Student Teachers’ Views. Chemistry Education Research and Practice, 18(2), 310–328. https://doi.org/10.1039/C6RP00230G

Setiawan, E., & Indana, S. (2021). Validitas LKPD Berbasis PjBL Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(2), 250–256. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p250-256

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Tarsino.

Ulfah, M., Bakti, I., & Saadi, P. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN TUGAS MIND-MAP PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(3), 95-101. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i3.1293

Utama, M. A. (2022). Kajian Karakteristik Sifat Fisik Dan Sifat Kimia Tanah Pada Berbagai Satuan Penggunaan Lahan Di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang (Doctoral Dissertation). UPN Veteran.

Winarti, A., Ichsan, A. N., Listyarini, L., & Hijriyanti, M. (2019, February). The effectiveness of collaborative strategy based on multiple intelligences in chemistry learning to improve students' problem-solving skill and multiple intelligences. In Journal of physics: Conference series (Vol. 1157, No. 4, p. 042011). IOP Publishing.

Winda, S., Saadi, P., & Winarti, A. (2020). Implementasi Problem Based Learning Berkonteks Lahan Basah Pada Materi Stoikiometri. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(3), 97–105.

Yuliana, Y., Prasetyo, Z. K., & Hastuti, P. W. (2018). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Project Based Learning Untuk Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal TPACK IPA, 7(4), 221–226.

Yunita, A., Saadi, P., & Kusasi, M. (2018). Pemanfaatan Sumber Belajar Dari Lingkungan Lahan Basah Melalui Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Larutan Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia Universitas Lambung Mangkurat, 20–28.

Published
2025-10-13
How to Cite
Baihaqi, A., Winarti, A., & Kusasi, M. (2025). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID TERINTEGRASI LAHAN BASAH DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 9(1), 1-14. https://doi.org/10.20527/jcae.v9i1.3117