MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REACT PADA MATERI SISTEM KOLOID

  • Khairun Nisa Khairun Nisa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: keterampilan proses sains, hasil belajar, model REACT, sistem koloid

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian tentang penerapan model REACT untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik pada materi koloid. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan yang tepat untk menangani masaIah dalam kelas. Setelah tindakan yang tepat diketahui, maka memeriksa kesesuaian tindakan yang disertai dengan peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar. Peneliti menggunakan penelitian tindakan dengan besiklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin dengan jumlah 32 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif, (2) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari cukup aktif menjadi aktif, (3) hasil observasi keterampilan proses sains dan tes keterampilan proses sains peserta ddik dengan menggunakan modeI pembeIajaran REACT mengalami peningkatan dari kategori cukup terampil menjadi terampil, (4) ketuntasan hasil beIajar peserta didik mengalami peningkatan dari tidak tuntas menjadi tuntas, (5) respon peserta didik merepon baik terhadap model pembelajaran REACT pada materi sistem koloid.

References

Depdiknas. (2003). Model Penyelenggaraan Sekolah Kategori Mandiri /Sekolah Standar Nasional. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Mengah Atas. Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Farid, A., & Nurhayati, S. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI A. Chemistry in Education, 3(1), 37-42.

Irwanto, Rohaeti, E., Widjajanti, E., & Suyan. (2017). Students’ science process skill and analytical thinking ability in chemistry learning. The 4th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Science, 1-4. doi:10.1063/1.4995100

Khasanah, U. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FKIP ULM. Banjarmasin: Tidak dipublikasi.

Latifah, S., Komikesari, H., & Ulum, M. (2017). Efektivitas Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains di SMP N 22 Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(2), 101-108.

Lindawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran REACT pada Siswa Kelas XI IPA3 SMAN Bernas Kabupaten Pelalawan. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(7), 410-420.

Marcelia, W., Margunayasa, & Kusmariyatni. (2016). Pengaruh model POGIL dan minat belajar terhadap keterampilan proses sains pada siswa kelas V SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-9.

Meledy, K. J. (2015). Contextualized Learning. Institute for Completion-Research Brief(1), 1-4.

Mutrovina, N., & Syarief, S. H. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Reduksi-Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3), 466-471.

Norshofiati, Hamid, A., & Bakti, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Dikombinasikan dengan Model Tps Terhadap Kemampuan Kritis Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Journal of Chemistry And Education (JCAE), 1(1), 93-103.

Purnamasari, E., Masriani, & Hadi, L. (2016). Pengaruh Model REACT Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(11), 1-10.
Published
2020-01-02