PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS BERBANTUAN HEYZINE FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA MATERI ASAM DAN BASA
Abstract
Literasi Sains merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang dibutuhkan bagi setiap peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian R&D untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan etnosains berbantuan heyzine flipbook untuk meningkatkan literasi sains pada materi asam dan basa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate). Subjek penelitian yaitu 5 orang validator dan peserta didik XI MIPA SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun Pelajaran 2023/2024. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, dan instrument tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan e-modul yang dikembangkan sangat valid dengan skor 4,93, (2) Kepraktisan ditinjau dari angket dan lembar observasi dengan rata-rata sangat praktis dengan skor 4,65, (3) Keefektifan ditinjau dari N-gain kemampuan literasi sains dengan skor 0,79. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains pada peserta didik.
References
Asri, A. S. T., & Dwiningsih, K. (2022). Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 465–473. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.465-473
Atdhini, A. R., Putri, R. F., & Yulinda, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Microsoft Sway untuk Melatih Literasi Sains Siswa. Journal on Teacher Education, 5(1), 136–145.
Bakar, A., Haryanto, H., Afrida, A., & Sanova, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Sains Kimia Berbasis Eksperimen Menggunakan Aplikasi Virtual Lab Authoring Tool Chemcollective. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pinang Masak, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.22437/jpm.v1i2.11374
Irmawati, I., Syahmani, S., & Yulinda, R. (2021). Pengembangan Modul IPA Pada Materi Sistem Organ Dan Organisme Berbasis STEM-Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 64. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4048
Jumaniar, J., Rusdianto, & Ahmad, N. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Keterampilan Proses SAINS Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 8(2), 1096.
Kaniyah, Y., Purnamasari, I., & Siswanto, J. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(2), 101–108. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i2.302
Melya, R., & Irhasyuarna, Y. (2022). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Pahlawan Jurnal Pendidikan Sosial…,18(1),4553.http://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/view/354%0Ahttp://ojs.uvayabjm.ac.id/index.php/pahlawan/article/download/354/528
Novianti, Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Combined Executive Summaries. Journal of Chemical Information and Modeling, I, 1689–1699. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran …, 9, 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/download/31612/21184
Rahmadhani, S., & Efronia, Y. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 5–9. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.16
Rahmat, D. I. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Smk. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378
Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167. https://doi.org/10.55732/jrt.v6i1.152
Rasmawan, R., Muharini, R., & Lestari, I. (2022). Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BASICEDU, 6(5), 9156–9169.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3558
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Syafa, I. P., Putri, M., Setiawati, N. Z. E., & Marini, A. (2016). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI BERBASIS E-MODUL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI Literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 1–23.
Syahmani, S., Iriani, R., Riana, S., & Bakti, I. (2022). E-Magazine Development with Social Emotional Learning Approach on Colloid Material in Context of Local Wisdom. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 7(2), 289–304. https://doi.org/10.24042/tadris.v7i2.11442
Vianis, R. O., Subroto, W. T., & Susanti, S. (2022). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Berbasis IT dengan Model Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Kearsipan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMK Sunan Giri Menganti. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(3), 211–222. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n3.p211-222
Wati, E., Yuberti, Saregar, A., Fasa, M. I., & Aziz, A. (2021). Literature Research: Ethnoscience in Science Learning. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012087
Yamtinah, S., Roemintoyo, & Kartikasari, A. (2020). PENGEMBANGAN BUKU AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT. JURNAL KEPENDIDIKAN : Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1–14.
Copyright (c) 2025 JCAE (Journal of Chemistry And Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.