MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS STEAM PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT

  • Muhammad Kholilul Rahman Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Bambang Suharto Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: PjBL, Berbasis STEAM, Berpikir kreatif, tindakan

Abstract

Penelitian tentang meningkatkan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik menggunakan model PjBL berbasis STEAM materi elektrolit dan nonelektrolit di SMAN 7 Banjarmasin bertujuan untuk mengetahui 1) Tindakan yang tepat dalam upaya menangani masalah kelas 2) meningkatkan berpikir kreatif serta hasil belajar. Jenis Penelitian yang diterapkan adalah PTK Model John Elliot dengan tahap rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi, dilakukan di SMAN 7 Banjarmasin di kelas X MIPA 5 dengan objek 38 peserta didik. Aspek yang diteliti yaitu guru dan peserta didik. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa, dengan menggunakan model PjBL berbasis STEAM ditemukan tindakan yang tepat untuk peserta didik yaitu 1) bertukar pikiran dengan kelompok, 2) memberikan opsi/pilihan jawaban,3) memberikan arahan dalam pembuatan proyek mading 3 dimensi berbasis STEAM, 4) membimbing dalam mengajukan pertanyaan, sehingga keberhasilan tindakan disertai dengan peningkatan berpikir kreatif dan hasil belajar. Penggunaan Model PjBL berbasis STEAM, dapat meningkatkan berpikir kreatif serta hasil belajar. Pada siklus I yaitu 9,36 dikategorikan cukup kreatif dan siklus II yaitu 11,55 dikategorikan kreatif. sedangkan hasil belajar pada siklus I yaitu 63,15 dengan kategori rendah dan pada siklus II sebesar 92,10 dengan kategori Sangat tinggi.

References

Annisa, R., Effendy, M, H., & Damris. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis STEAM Pada Materi Asam dan Basa di SMAN 11 Kota Jambi. Journal of the Indonesia Society of Integrated Chemistry, 10(2), 14-22.

Azreen, R & Mohamed, M. (2014). The Perception of Critical Thinking and Problem Solving Skill Among Malysian Undergraduate Students. Journal Social and Behaviorall Science, 1 (172), 725-732.

Diawati, C., Liliasari, Setiabudi, A., & Buchari. (2017). Student’ Construction Of Simple Steam Distillation Apparatus And Development Of Creative Thingking Skills : A Project-Based Learning. Mathematics, Science, and Computer Science Education.

Fitria, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid di MAN Indrapuri Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
Gunawan, I., & Palupi, A, R. (2016). Taksonomi Bloom - Revisi Ranah Kognitif : Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran , 16-40

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Ridwan, A.(2017). Developing 21st Century Skills in Chemistry Classrooms: Opportunities and Challenges of STEAM Integration. Journal chemistry Education Study Program, 1868 (1).

Handayani, D, T., Karyasa, W., & Suardana, N. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMA yang Dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Jurnal Program Pascasarjana, (5).

Indriana, V., Arsyad, N., & Mulbar, U. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran POE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 22 Makassar, 3(1).

Nehe, M., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Creative Thinking Ability To Solving Equation an Non-Equation of Linear Single Variable In VII Grade Junior High School. Journal of advance research and Innovative Ideas In Education, 3(1)

Putra, T.T., Irwan., & Dodi, V. (2012). Meningkatkan Kemampuan BerpikirKreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49-53.
Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.

Saptorini, W. A. (2014). Green Chemistry Dalam Desain Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Karakter Di Madrasah Aliyah Se Kabupaten Demak. Jurusan Kimia FMIPA, 12(1).

Wahyu, Rusmansyah, & Sholahuddin, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Efficacy siswa Menggunakan Model Creative Problem Solving Pada Materi Sistem Koloid, Jurnal Vidya karya. 32(1)
Published
2020-01-02