MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

  • Nur Husnina Lathifah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rusmansyah Rusmansyah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, problem based learning, hidrokarbon

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Hidrokarbon kelas X-3 SMA Negeri 10 Banjarmasin tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas guru, (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, (4) peningkatan hasil belajar siswa, dan (5) respon siswa. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sampel penelitian adalah kelas X-3 dengan jumlah siswa 35 orang. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas guru dari 38,62 (cukup) pada siklus I menjadi 54,75 (sangat baik) pada siklus II, (2) terjadi peningkatan aktivitas siswa dari 35,9 (cukup) pada siklus I menjadi 49,3 (aktif) pada siklus II, (3) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari 55,64% (cukup kritis) pada siklus I menjadi 71,74% (kritis) pada siklus II, (4) terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar kognitif 37,14% pada siklus I menjadi 74,28% pada siklus II, dan pada ranah afektif cukup pada siklus I menjadi baik pada siklus II, (5) siswa memberikan respon positif dengan kategori baik pada pembelajaran.

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.
Agustin, (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education.2(1): 39-43.
Amir, T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Choi, E., Lindquist, R., dan Song, Y. (2014). Effects of Problem-Based Learning vs. Traditional Lecture on Korean Nursing Students’ Critical Thinking, Problem-Solving, and Self- Directed Learning. Nurse Education Today, 34(1): 52–56.
Gholami, M., Moghadam, K.P., Mohammadipoor, F., Tarahi, J. M., Sak, M., Toulabi, T., dan Pour., H. H. A. (2016). Journal Comparing The Effects of Problem-Based Learning and The Traditional Lecture Methode on Critical Thinking Skill and Metacognitive Awareness in Nursing Students in a Critical Care Nursing Course. Nurse Education Today, 45, 16-21.
Happy, N., dan Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan PBL Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1): 48-57.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Khotimah, K. Suhartono, S. dan Salimi., M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Perkalian dan Pembagian Pecahan pada Siswa Kelas V SDN 1 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2016/2017. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 5(2.1).
Kusasi, M. (2016). Strategi dan Model Berpikir Kritis (Critical Thinking) dan Pengembangannya.Proceeding Seminar Nasional Pendidikan IPA,
Rahayu, P. (2015). Eksperimentasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning pada Materi Perbandingan dan Skala Ditinjua dari Sikap Peserta Terhadap Matematika Didik Kelas VIII SMP Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(3).
Selcuk., G. Z. (2010). The Effects of Problem-Based Learning on Pre-Service Teachers’Achievment, Approaches and Attitudes Towards Learning Physics. International. Journal of The Physical Sciences. 5(6): 711-723.
Tosun, C., dan Taşkesenligil, Y.(2011). The Effect of Problem Based Learning on Student Motivation Towards Chemistry Classes and on Learning Strategies. Journal of Turkish Science Education. 9(1)
Uno., H. B. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara. Wardoyo., S. M. (2013) Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata.
Wati., R. Rusmansyah, dan Sholahuddin., A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4 Banjarmasin pada Konsep Sistem Koloid Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5(2): 20- 31.
Widyaningsih, Harjono, dan Airlanda. (2018). Jurnal Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Salatiga 01.
Published
2020-01-02
How to Cite
Lathifah, N., Kusasi, M., & Rusmansyah, R. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(1), 1-9. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i1.305