PENGEMBANGAN E-MODUL HUKUM DASAR KIMIA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN FLIPHTML5 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS
Abstract
Kurangnya media pembelajaran kimia yang dapat diakses secara online khususnya pada materi hukum dasar kimia mengakibatkan peserta didik kurang tertarik pada pembelajaran, sehingga terhambatnya kemampuan mereka dalam hal berpikir kritis dan literasi sains. Tujuan dari penelitian ini dilakukan adalah memproduksi modul elektronik sebagai media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik. Produk yang dikembangkan adalah emodul dengan model pembelajaran berbasis masalah atau PBL berbantuan FlipHTML5 dalam bentuk flipbook. Penelitian berupa penelitian pengembangan dengan model instruksional yaitu model ADDIE. Media yang dikembangkan diujikan kepada subjek yaitu 37 peserta didik kelas XI-I Sekolah Penggerak SMA N 5 Banjarmasin. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan non-tes seperti angket dan lembar observasi, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil pengembangan menujukkan modul elektronik yang dikembangkan: (1) sangat valid dengan penilaian sebesar 88,60%, (2) sangat praktis dengan penilaian sebesar 85,50%, (3) efektif jika ditinjau dari N-gain kemampuan berpikir kritis dengan penilaian 0,80 dan kemampuan literasi sains dengan penilaian 0,77 termasuk efektif dengan penilaian efektivitas 78,89%. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran berbasis masalah yang termuat dalam media serta elemen modul elektronik yang mendukung peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains.
References
Akbar, I. A. (2015). Uji validitas dan reliabiltas yo-yo intermittent recovery test (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Al-Fikry, I., Yusrizal, Y., & Syukri, M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 6(1), 17-23. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10776
Annisak, F., Zainuri, H. S., & Fadillah, S. (2024). Peran Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistika Non Parametrik Dalam Penelitian. Al Ittihadu, 3(1), 105-116.
Bakti, I., Iriani, R., Ihdayanti, A., & Hamid, A. (2023). E-module development based on flip pdf professional by using problem solving model in wetland context to improve stoichiometry learning outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(4), 740-754. https://doi.org/10.24815/jpsi.v11i4.31399
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Indriani, N. C. L., Mariono, A., Arianto, F., & Pendidikan, T. (2023). The Effect of Blended Problem-Based Learning on Problem Solving and Scientific Literacy in High School Students. International Journal of Social Science And Human Research, 6(6), 3822–3827. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i6-76
Girinzio, I. D., Ramadan, A., Saputra, D. B., & Mustika, G. (2023). Improve critical thinking students in indonesia for new learning management system. International Transactions on Education Technology, 1(2), 111-121. https://doi.org/10.33050/itee.v1i2.311
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement vs. Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses*. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Hendriko, H., & Iryani, I. (2022). Validitas e-module Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Al-Qur’an pada Materi Laju Reaksi Kelas XI Madrasah Aliyah. Edukimia, 4(3), 113–119. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i3.a406
Hidayanti, I., & Wulandari, F. (2023). The Effect of Problem-Based Learning Based Ethnoscience on Science Literacy Ability of Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(3), 967–982. https://doi.org/10.51276/edu.v4i3.475
Hidayanti, N., Supratman, S., & Noviati, W. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL BIOLOGI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA. Jurnal Kependidikan, 8(1), 213–220. Retrieved from https://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1276
Irmawati, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2023). VALIDITAS E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CANVA MATERI HIMPUNAN DI PRODI PGSD UNIVERSITAS SULAWESI BARAT. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1315-1321. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7892
Juwita, E., & Rosidin, U. (2022). Analisis kemampuan literasi sains siswa kelas ix mts negeri 1 lampung barat pada materi bioteknologi berbasis etnosains. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 232–242. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12105
Komang Priatna, I., Made Putrama, I., Gede, D., & Divayana, H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1).
Lasala, N. (2023). Development and Validation of E-SelfIMo: E-Learning Self-Directed Interactive Module in Earth Science. Recoletos Multidisciplinary Research Journal, 11(1), 85–101. https://doi.org/10.32871/RMRJ2311.01.07
Liyanage, D., Lo, S. M., & Hunnicutt, S. S. (2021). Student discourse networks and instructor facilitation in process oriented guided inquiry physical chemistry classes†. Chemistry Education Research and Practice, 22(1), 214–225. https://doi.org/10.1039/d0rp00031k
Meryastiti, V., & Rasyid Ridlo, Z. (2022). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Smp Negeri 1 Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Saintifika, 24(1), 20–30. https://doi.org/10.19184/saintifika.v24i1.29659
Muhaimin, M., Leny, L., & Almubarak, A. (2024). Increasing Learning Results with Interactive Digital Materials PjBL Assisted by Heyzine Flipbook Maker. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 4(1), 9-24. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v4i1.10297
Naila, N., Winarti, A., & Mahdian, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Kimia Bermuatan Literasi Sains untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 1-19. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i1.11817
Nila, W. T. ., & Mustika, D. . (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) materi Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 411–422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4129
Norlaila, N., Saadi, P., Winarti, A., & Leny, L. (2024). DEVELOPMENT OF E-MODULE SETS-BASED APPROACH ASSISTED WITH FLIP HTML5 MEDIA TO IMPROVE INDEPENDENT LEARNING AND LEARNING KNOWLEDGE OUTCOMES ON CHEMICAL EQUILIBRIUM MATERIAL. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 15(1), 122-139. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v15i1.17046
Nur, S., Panca Pujiastuti, I., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (Pbl) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. JURNAL SAINTIFIK, 2(2), 133–142.
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I). OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pakpahan, G. M. Br., Aziz, T. A., & Ambarwati, L. (2023). Identification of critical thinking skills in mathematics students of class VIII SMPN 61 West Jakarta. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 98–109. https://doi.org/10.33654/math.v9i1.2102
Ridzal, D. A., & Haswan, H. (2023). Analysis of the correlation between science literacy and critical thinking of grade eight students in the circulatory system. Jurnal Pijar Mipa, 18(1), 1–5. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i1.4469
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan e-modul berbantu kodular pada smartphone untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859-873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286
Sari, Y. I., Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11-26.
Sativa, B. R., & Eliza, D. (2023). Pengembangan e-modul literasi sains anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1564–1574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4037
Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42–47. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.219
Yulhendri, Y., Mardhotillah, N. I., Alisha, W. P., & Susanti, N. (2022). Analysis of Media Use and Learning Interaction to Improving Student Engagement. Dinamika Pendidikan, 17(1), 37–47. https://doi.org/10.15294/dp.v17i1.35304
Yusuf, I., Wahyu Widyaningsih, S., Mulyana Ramadhani, D., Inayah, M. A., FKIP Universitas Sulawesi Barat, P., & Fisika FKIP Universitas Papua, P. (2023). Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Canva Materi Himpunan Di Prodi Pgsd Universitas Sulawesi Barat. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01), 1315–1322.
Wiranti, W., Iriani, R., Saadi, P., & Leny, L. (2023). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI REAKSI REDOKS. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 77-86. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1686
Widoyoko, E. P. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.