PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE DALAM PEMBELAJARAN KIMIA (SEBUAH STUDI LITERATUR)
Abstract
Studi ini menyajikan tinjauan literatur mengenai efektivitas Moodle sebagai platform pembelajaran daring khususnya pembelajaran kimia di Indonesia, dengan tujuan mengevaluasi dampaknya terhadap minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur dari berbagai sumber yang relevan untuk mengidentifikasi fitur-fitur utama Moodle, seperti User Management dan Course Management, serta bagaimana fitur-fitur ini mendukung aktivitas pembelajaran yang interaktif. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya kebutuhan akan platform pembelajaran daring yang efektif di tengah pandemi, yang memaksa proses belajar mengajar dilakukan dari rumah. Manfaat dari penggunaan Moodle termasuk peningkatan kualitas belajar, fleksibilitas akses, dan efisiensi dalam pengelolaan kursus. Studi ini juga menemukan bahwa penerapan Moodle dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan pemahaman materi melalui fitur "Courses" yang disesuaikan dan E-modul interaktif. Namun, tantangan seperti kompleksitas penggunaan, masalah koneksi internet, dan kebutuhan akan penjelasan ulang dari pendidik perlu mendapat perhatian lebih lanjut untuk memaksimalkan efektivitas platform ini.
References
Ahmadi, C., Sirojuddin, A., Suprajitno, D., & Affandi, A. (2010). APLIKASI MOBILE LEARNING BERBASIS MOODLE DAN MLE PADA PEMBELAJARAN KEDOKTERAN. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. www.mlearn.net
Al-Balushi, S. M., & Al-Abdali, N. S. (2015). Using a Moodle-Based Professional Development Program to Train Science Teachers to Teach for Creativity and its Effectiveness on their Teaching Practices. Journal of Science Education and Technology, 24(4), 461–475. https://doi.org/10.1007/s10956-014-9530-8
Analita, R. N., Bakti, I., Nugraheni, P. W., & Noviyanti, E. (2023). The learners’ conceptual understanding: Literature review of vapor-pressure lowering and boiling-point elevation. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(4), 641–651. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i4.20805
Apriliyani, D. D., & Purwanti, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran E-learning Berbasis Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar-dasar Teknik Elektronika di SMK Negeri 1 Ampelgading. Edu Elektrika Journal, 11(2), 41–45.
Asral, S. S. T., & Zainul, R. (2020). Pengembangan Konten Pembelajaran E-Learning untuk Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Menggunakan Aplikasi Moodle. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1). https://doi.org/10.24036/epk.v1i1.92
Astuti, R. P. F., Kholidah, N. R. J., & Tirtanawati, M. R. (2023). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MOODLE PADA MATAKULIAH EKONOMI REGIONAL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 499–504. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.990
Barke, H.-D., Hazari, A., & Yitbarek, S. (2009). Perceptions of Ancient Scientists. In H.-D. Barke, A. Hazari, & S. Yitbarek (Eds.), Misconceptions in Chemistry: Addressing Perceptions in Chemical Education (pp. 9–20). Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-540-70989-3_2
Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web dengan Moodle Versi 3.4 (1st ed., Vol. 1). Deepublish.
Bradley, V. M. (2020). Learning Management System (LMS) Use with Online Instruction. International Journal of Technology in Education, 4(1), 68. https://doi.org/10.46328/ijte.36
Dandulana, R. F., Erviyenni, & Susilawati. (2023). Pengembangan E-Learning Menggunakan Aplikasi Moodle sebagai Media Pembelajaran Kesetimbangan Kimia untuk Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i2.35906
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, & Jaya, M. (2020a). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 2, 228–234. https://www.apjii.or.id/survei
Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, & Jaya, M. (2020b). Implementasi Learning Management System Dalam Media Pembelajaran Menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 2, 228–234. https://www.apjii.or.id/survei
Dias, S. B., & Diniz, J. A. (2014). Towards an Enhanced Learning Management System for Blended Learning in Higher Education Incorporating Distinct Learners’ Profiles. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 307–319. http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.1.307
DS, R., & Martoprawiro, M. A. (2017). Peran Moodle dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Praktikum Kimia. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(1), 23–28. http://dx.doi.org/10.24114/jpbp.v23i1.9997
Fakhri, M. M., Wahid, A., Fadhilatunisa, D., Surianto, D. F., Fajar B, M., & Hidayat, A. (2022). PENGARUH MODEL BLENDED PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LMS MOODLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI. KLASIKAL : JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 4(3), 670–684. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.501
Firdaus, Sukmawati, M., Ambiyar, & Fadhilah. (2023). Studi Literature Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Sekolah Kejuruan. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 3(3), 133–139. https://doi.org/10.24036/javit.v3i3.163
Firdausi, F. U., & Setiani, P. P. (2018). PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(11), 1203–1217.
Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), 4(2). https://doi.org/10.52362/jisicom.v4i2.312
Gabel, D. (1999). Improving Teaching and Learning through Chemistry Education Research: A Look to the Future*. In Research: Science and Education 548 Journal of Chemical Education • (Vol. 76, Issue 4).
Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A systematic review on trends in using Moodle for teaching and learning. International Journal of STEM Education, 9(1), 9. https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323-x
Gilbert, J. K., & Treagust, D. (2009). Multiple Representations in Chemical Education (J. K. Gilbert & D. Treagust, Eds.; Vol. 4). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-1-4020-8872-8
Haryanto, S. (2018). KELEBIHAN DAN KEKURANGAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY (STUDI PTK DALAM PEMBEJARAN MATA KULIAH ACADEMIC LISTENING). Prosiding Seminar Nasional Geotik, 106–110.
Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) berbasis moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898
Islamiah, P., & Prismana, I. G. L. E. (2023). Penerapan Pembelajaran E-learning Moodle pada Mata Pelajaran Projek Dasar Konsentrasi Keahlian di SMKN 1 Driyorejo. Jurnal IT-Edu, 8(1), 111–121.
Iswandari, S. N., Copriady, J., Noer, A. M., & Albeta, S. W. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MOODLE PADA MATERI HIDROKARBON. EDUSAINS, 12(1), 81–88. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11503
Jung, S., & Huh, J.-H. (2019). An Efficient LMS Platform and Its Test Bed. Electronics, 8(2), 154. https://doi.org/10.3390/electronics8020154
Kisworo, B., Cahyani, M. D., & Azizah, D. (2021). STUDI KUALITATIF PERKULIAHAN DARING MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PjBL BERBASIS MOODLE PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Zarah, 9(1), 22–28. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2463
Knopf, J. W. (2006). Doing a Literature Review. PS: Political Science & Politics, 39(1), 127–132. https://doi.org/10.1017/S1049096506060264
Kurniawan, A. F., Purba, L. S. L., & Simanjuntak, F. N. (2020). Utilization of Moodle in Increasing Motivation of Learning Chemistry Students. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Blended Learning, Educational Technology and Innovation (ACBLETI 2020), 182–187.
Lau González, M., Jáuregui Haza, U., Pérez Gramagtes, A., Fariñas León, G., & Le Bolay, N. (2014a). Supporting students’ learning to learn in general chemistry using moodle. Journal of Chemical Education, 91(11), 1823–1829. https://doi.org/10.1021/ed3007605
Lau González, M., Jáuregui Haza, U., Pérez Gramagtes, A., Fariñas León, G., & Le Bolay, N. (2014b). Supporting students’ learning to learn in general chemistry using moodle. Journal of Chemical Education, 91(11), 1823–1829. https://doi.org/10.1021/ed3007605
López-Tocón, I. (2021). Moodle quizzes as a continuous assessment in higher education: An exploratory approach in physical chemistry. Education Sciences, 11(9). https://doi.org/10.3390/educsci11090500
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. G. (2009). Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses: The PRISMA Statement. Journal of Clinical Epidemiology, 62(10), 1006–1012. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2009.06.005
Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2016a). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760–1768.
Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2016b). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760–1768.
Muyaroah, S. (2019). Efektifitas E-Learning Dengan Aplikasi Moodle pada Mata Kuliah Penelitian Pengembangan Program Studi Teknologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(1), 114. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i1.567
Natasia, C., & Puspasari, D. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 169–179. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p169-179
Oakes, K. (2002). E-learning: LCMS, LMS - They’re Not just Acronyms But Powerful Systems for Learning. Training & Development, 56(3), 73–75.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., & Moher, D. (2021). Updating guidance for reporting systematic reviews: development of the PRISMA 2020 statement. Journal of Clinical Epidemiology, 134, 103–112. https://doi.org/10.1016/j.jclinepi.2021.02.003
Purba, R. A. (2021). EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING DENGAN MOODLE DALAM MENJAGA MUTU PEMBELAJARAN SAAT BELAJAR DARI RUMAH. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(2). https://doi.org/10.25078/jpm.v7i2.2424
Putro, T. I., Utomo, S. B., & Indriyanti, N. Y. (2021). High School Students’ Experience Using Learning Management System on Chemistry In Age of Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), 012024. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012024
Ramdhani, A., Ramdhani, M. A., & Amin, A. S. (2014). Writing a Literature Review Research Paper: A step-by-step approach. International Journal of Basics and Applied Sciences, 3(1), 47–56. https://www.researchgate.net/publication/311735510
Rizqullah, A. D., Puspitasari, S., Nisa, N. C., Zuraida, D. N., & Amrozi, Y. (2021). Menguak Vendor Learning Management System (LMS) Sebagai Media E-Learning di Era Pandemi. Jurnal Aplikasi Teknologi Informasi Dan Manajemen (JATIM), 2(2), 114–119. https://doi.org/10.31102/jatim.v2i2.1093
Romero, E., García, L., & Ceamanos, J. (2021). Moodle and Socrative quizzes as formative aids on theory teaching in a chemical engineering subject. Education for Chemical Engineers, 36, 54–64. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.03.001
Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwuningsih, N. N. (2017). Multimedia Pembelajaran yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan (R. Utami, Ed.). Penerbit Andi.
Sampurno, P. J., Maulidiyah, R., & Puspitaningrum, Z. H. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 19(55), 54–58.
Santoso, G. B., Irdiani, F. A., Chairunnisa, N., & Sinaga, T. M. (2019). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle pada Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi Universitas Trisakti. PETIR, 12(2), 187–195. https://doi.org/10.33322/petir.v12i2.500
Schettini, C., Amendola, D., Borsini, I., & Galassi, R. (2020). A blended learning approach for general chemistry modules using a moodle platform for first year academic students. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 16(2), 61–72. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1135197
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Sukmawati, W., Kadaroman, A., Sumarna, O., & Sopandi, W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Dasar Berbasis Conceptual Change Text pada Materi Redoks. EDUSAINS, 12(2), 243–251. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.15090
Trespalacios, J., Snelson, C., Lowenthal, P. R., Uribe-Flórez, L., & Perkins, R. (2021). Community and connectedness in online higher education: a scoping review of the literature. Distance Education, 42(1), 5–21. https://doi.org/10.1080/01587919.2020.1869524
Wahid, A., & Luhriyani, S. (2015). Pelatihan dan Penerapan E-learning dan M-learning Berbasis Moodle bagi Guru Siswa SMK Persada dan Bajiminasa Makassar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 102–107. http://dx.doi.org/10.17977/um031v1i22015p102
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020a). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi COVID-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., Lestari, W., Tanti, L. A., & Odrina, R. (2020b). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi dan Minat Bakat Peserta Didik di Tengah Pandemi COVID-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1937
Widayati, U., & Witasari, N. (2023). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X SMK Negeri 3 Magelang. Indonesian Journal of History Education, 8(1), 121–130. https://doi.org/10.15294/ijhe.v8i1.54217
Winchester, C. L., & Salji, M. (2016). Writing a literature review. Journal of Clinical Urology, 9(5), 308–312. https://doi.org/10.1177/2051415816650133
Copyright (c) 2024 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.