PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN TES MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN BLOOKET GAME UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA

  • Noni Syahidah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizki Nur Analita Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Arif Sholahuddin Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Proses pembelajaran perlu dievaluasi keberhasilannya untuk mengukur sejauh mana proses belajar mengajar yang dilakukan kepada peserta didik melalui alat ukur yaitu instrumen evaluasi. Studi pendahuluan melalui observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak membuat instrumen secara eksklusif dalam melakukan evaluasi pembelajaran, dan penilaian yang dilakukan masih berbasis kertas. Alat evaluasi pembelajaran dapat dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah aplikasi blocket game . Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen elektronik pada bahan stoikiometri menggunakan permainan blocket yang digunakan untuk memancarkan berpikir kritis peserta didik yang valid secara isi dan konstruk, reliabel, memiliki kesukaran dan daya pembeda yang baik, terbaca dan respon yang baik dari peserta didik. Pengembangan e-instrumen menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ). Peserta didik SMA Negeri 4 Banjarmasin sebanyak 114 merupakan subjek dalam penelitian ini dan instrumen elektronik yang dikembangkan merupakan objek penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan e-instrumen tes dan angket yang kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif menggunakan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan instrumen tes elektronik valid, reliabel, kesukaran sedang, daya pembeda sedang, memiliki tingkat keterbacaan yang baik sekali dan direspon baik oleh peserta didik. Pada uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 34 peserta didik diperoleh 15 butir soal yang layak untuk dilanjutkan ke tahapan penelitian berikutnya berdasarkan hasil validitas dan daya pembeda butir soal yang dilakukan dari total 20 butir soal sebelumnya. Pada uji coba lapangan terdiri dari 70 peserta didik, diperoleh sebanyak 15 butir soal yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis.

References

Agustini, Rery, R. U., & Anwar, L. (2021). The Development and Validity of CPS-Based Assessment Instrument for Critical Thinking Ability on Stoichiometry Materials. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1788/1/012026

Alek. (2021). Perspektif Baru Bagi Calon Peneliti. CV. Mutiara Galuh.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Bakti, I., Kusasi, M., & Samsinar, S. PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KOLOID BERKONTEKS LAHAN BASAH. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(1), 130-141. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i1.15694

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Farbmacher, H., Guber, R., & Klaassen, S. (2022). Instrument Validity Tests With Causal Forests. Journal of Business and Economic Statistics, 40(2), 605–614. https://doi.org/10.1080/07350015.2020.1847122

Fatimah, U., & Aifath, K. (2019). Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda dan Fungsi Distraktor. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(2), 37–64.

Fitriani, F., Priatmoko, S., Wardani, S., & Nurhayati, S. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice Berbantuan Google Forms untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Stoikiometri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 18(1), 50–57. https://doi.org/10.15294/jipk.v18i1.46778

Fransisca, S. M. P. L. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Terintegrasi Etnosains untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Βeta Kimia, 1(2), 89–91. https://doi.org/10.35508/jbk.v1i2.5585

Gunawan, A., Fitriani, N., & Setiawan, W. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persaman Linier Satu Variabel Berdasarkan Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18844

Händel, M., Artelt, C., & Weinert, S. (2023). Assessing metacognitive knowledge: development and evaluation of a test instrument. Journal for Educational Research Online, 5(2), 162–188. https://doi.org/10.25656/01:8429

Khairunnisa, K., Saadi, P., & Leny, L. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Stem Dengan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Regulation Peserta Didik. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 96-108. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v13i1.12109

Lourenço, S. M. (2019). Field experiments in managerial accounting research. Foundations and Trends in Accounting, 14(1), 1–72. https://doi.org/10.1561/1400000059

Mayuri, D., & Aswirna, P. (2021). Development of assessment instruments assisted by iSpring quizmaker to measure students’ conceptual understanding. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 213. https://doi.org/10.21831/jipi.vXiY.00001

Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274

Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5e Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Koloid Di Kelas Xi Mia-3 Man 1 Banjarmasin. Jcae (Journal Of Chemistry And Education), 1(3), 209-217.

Octaria, D., Ningsih, Y. L., Destiniar, D., & Fitriasari, P. (2022). Development of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Test Instruments in Geometry. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(4), 834. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i4.8808

Pérez-Rivas, F. J., Jiménez-González, J., Bayón Cabeza, M., Belmonte Cortés, S., de Diego Díaz-Plaza, M., Domínguez-Bidagor, J., García-García, D., Gómez Puente, J., & Gómez-Gascón, T. (2023). Design and Content Validation using Expert Opinions of an Instrument Assessing the Lifestyle of Adults: The ‘PONTE A 100’ Questionnaire. Healthcare (Switzerland), 11(14). https://doi.org/10.3390/healthcare11142038

Puspita, V., & Parma Dewi, I. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96.

Puspita, V., Yuhelman, N., & Rifandi, R. (2018). Dampak Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. JUSTEK: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 20–25. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.3735

Putri, Y. D., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan alat evaluasi berbantuan aplikasi android pada mata pelajaran penataan produk kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041-1047. https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1041-1047

Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253. https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Rosalinda, E., Hamid, A., & Kusasi, M. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DALAM KONTEKS LAHAN BASAH. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(2), 64-76. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i2.1685

Rusmayani. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali. Jurnal Widya Balina, 5(1), 41–49.

Sihotang, H., Pd, M., Penerbitan, P., Buku, P., & Tinggi, P. (2023). Metodologi Penelitian Kuantitatif. UKI Press.

Stenner, A. J., Smith, M., & Burdick, D. S. (2023). Toward a Theory of Construct Definition. In Explanatory Models, Unit Standards, and Personalized Learning in Educational Measurement (pp. 43–55). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-3747-7_4

Sutinah, Fariati, & Sulistina, O. (2016). Efektivitas Penerapan Modul Stoikiometri Berdasarkan Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep pada Pemahaman dan Persepsi Peserta Didik Kelas X MIA SMAN 1 Malang. Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK), 01(02), 1–8.

Tavakol, M., & Wetzel, A. (2020). Factor Analysis: a means for theory and instrument development in support of construct validity. In International journal of medical education (Vol. 11, pp. 245–247). NLM (Medline). https://doi.org/10.5116/ijme.5f96.0f4a.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian (panduan peneliti, mahasiswa dan psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.

Sholahuddin, A., Analita, R. N., Syahmani, S., Winarti, A., Hamid, A., Suharto, B., & Bakti, I. (2021). Penguatan Kompetensi Profesional Guru MGMP Kimia: Pengembangan Instrumen Evaluasi Diagnostik Multi–tier. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 113-119. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i2.2809

Widoyoko, E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Winarti, A., Tirto, F. R., Aprilia, A. D., Raihana, E., & Hidayati, N. (2017, May). The Development of" Chemtective" Game-Based Medium on Chemistry Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 18-21). Atlantis Press.

Published
2024-12-02
How to Cite
Syahidah, N., Kusasi, M., Analita, R., & Sholahuddin, A. (2024). PENGEMBANGAN E-INSTRUMEN TES MATERI STOIKIOMETRI MENGGUNAKAN BLOOKET GAME UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(3), 161-174. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i3.2878