PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KIMIA KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Tasya Karenina Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Syahmani Syahmani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: multimedia interaktif, articulate storyline, kimia koloid, motivasi belajar

Abstract

Pada era digital, penggunaan multimedia berbasis website menjadi satu kebutuhan penting dalam mendukung pembelajaran. Media berbasis web tidak hanya diperlukan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi pelajaran tapi juga untuk meningkatkan motivasi belajar di tengah banyaknya disrupsi media yang lain. Penelitian ini bermaksud mengembangkan multimedia interaktif berbasis website pada pelajaran Kimia Koloid menggunakan articulate storyline yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development (R&D) dengan model pengembangan four-D (4D): define, design, develop, dan disseminate. Media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan  pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri Sungai Tabuk, Kalimantan Selatan. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis website menggunakan Articulate Storyline yang dikembangkan memenuhi persyaratan kelayakan berikut. (1) Media valid dan layak digunakan ditinjau dari aspek konten dan aspek kontekstual; (2) Melalui uji coba pada tahap uji perorangan dan kelompok kecil, multimedia interaktif yang dikembangkan terbukti praktis dalam penerapannya. (3) Media yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan motivasi dengan N-gain sedang; dan efektif meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi Kimia Koloid dengan N-gain tinggi. Dengan demikian, media interaktif berbasis Articulate Storyline yang dikembangkan ini dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan rendahnya motivasi sekaligus pemahaman peserta didik dalam belajar kimia.

References

Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis software macromedia flash 8 untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/930

Bloom, B. S., Madaus, G. F., & Hastings, J. T. (1981). Evaluation to Improve Learning. New York: McGraw-Hill.

J. Wamalwa, E., Wamalwa. E. (2016). "Menuju Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Pengajaran Yang Efektif Dan Pembelajaran Bahasa Inggris", Kenya 5(31).

Lukita, D., Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Akademika. 10(1). 145-161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.

Masadah., Wasis., & Prastowo, T. (2019). Development Of Guided Inquiry Learning Model By Articulate Storyline Media On Elasticity Materials To Increase Student’s Motivation And Learning Achievement. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 9(12), 433-438. p9648. https://doi.org/10.29322/ijsrp.9.12.2019.p9648.

Meadows, M., Caniglia, J. Incorporating Popular Media to Engage Students. Mathematics Teacher: Learning and Teaching PK-12, 14(3). p174-186 Mar 2021

Munawarah, Z., Burhanuddin, Sofia, B. F. D., & Hakim, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Articulate Storyline Dalam pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan. Journal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 767–775. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/295

Nawawi, M.I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar: Tinjauan berdasarkan Karakter Generasi Z. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan e-Saintika 4(2):197. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.216

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Prasetya, D., Rasmawan, R., & Hadi, L. (2021). Pengembangan Chemistry Quartet Card ( Chemqurca ) Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 8 Pontianak. Jurnal Education and Development, 9(2), 36–41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2453

Pratama, R. A. (2018). Al Barik ( Turorial Gambar Grafik ): Suatu Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2. AdMathEdu, 8(2), 185–198. http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/article/view/12349

Purba, R. A. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Rafmana, H., Chotimah, U., Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas XI Di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 05(1), 52–65. https://ejournal.unsri.ac.id/indeks.php/jbti/ article/download/7898/pdf

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1). https://doi.org/10.15294/jipk.v13i1.17824

Soimah, I. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. 5(1), 38–44. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2559

Stauffer, Bri. 20. What Are 21st Century Skills? [online]. Link: https://www.aeseducation.com/blog/what-are-21st-century-skills (Accessed: 2 June 2022)

Sururuddin, M., Prihatini, N. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn 3 Tebaban. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. 4(1). 56-61. https://doi.org/10.29408/didika.v4i1.1198

Tiring, S. N. D., Ware, K., & Pratiwi, A. (2022). Pengembangan Blog Pembelajaran Fun Chemistry Pada Materi Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/ Index.Php/JIWP, 8(1), 314-320. https://doi.org/10.5281/zenodo.5838379

Tukan, M. B., Aloisia, M., & Komisia, F. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia yang Mengintegrasikan Model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS untuk SMA. Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 4(2):100-110. https://doi.org/ 10.31605/ijes.v4i2.1408

Published
2024-12-02
How to Cite
Winarti, A., Karenina, T., & Syahmani, S. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KIMIA KOLOID UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(3), 124-136. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i3.2619