MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS ICARE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

  • Siti Illiyyien Nisa Prodi Pendidikan Kimia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
  • Syahmani Syahmani Chemical Education Study Program Lambung Mangkurat University, Indonesia
  • Abdul Hamid Prodi Pendidikan Kimia, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Keywords: Model Problem Solving, ICARE, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis ICARE pada materi larutan elektrolit dan non- elektrolit yang bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah; (2) peningkatan hasil belajar peserta didik; (3) respon peserta didik terhadap pembelajaran. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian tindakan kelas bersiklus dengan model Kemmis & Mc.Taggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 SMAN 12 Banjarmasin dengan jumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan non tes. Data dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik meningkat dari kategori kurang berkembang menjadi  sudah berkembang baik; (2) hasil belajar pengetahuan meningkat dari 68,09 kategori rendah menjadi 84,54 kategori baik, hasil belajar sikap meningkat dari kategori cukup baik menjadi baik, hasil belajar keterampilan meningkat dari cukup terampil menjadi terampil; (3) respon peserta didik dalam pembelajaran dengan kategori sangat baik. Kesimpulan pada penelitian yaitu: pembelajaran dengan model Problem Solving berbasis ICARE dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik.

References

Amam, A. (2017). Penilaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika. 2(1), 39-46. http://dx.doi.org/10.25157/teorema.v2i1.765

Anugeraheni, I. (2019). Pengaruh pembelajaran problem solving model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan. 4(1), 1-6. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p1-6

Hadiansah, H., Safitri, T. A., & Suhada, I. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran ICARE. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 1-5.

Hidjrawan, Y., Khaldun, I., & Sari, S.A. (2016). Efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(1), 154-165.

Juniarti, N. D., & Renda, N. T. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 248–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14289

Kemenuh, I.A.R., Agustini, K., & Arthana, I.K.R. (2016). Studi komparatif pengaruh model pembelajaran ICARE dan PAKEM terhadap hasil belajar TIK siswa Kelas X SMA Negeri Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika. 5(2), 1-10.

Khairani, I., & Safitri, R. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5(2), 32-41. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9814

Mahdian, M., Almubarak, A., & Hikmah, N. (2019). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION-CONNECT-APPLY-REFLECT-EXTEND) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.184

Nisa, F., Bakti, I., & Winarti, A. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(1), 21-28. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i1.1153

Nujannah,N., Eny,E dan Rasmawan, R. (2015). Pengaruh problem solving terhadap hasil belajar dan respon siswa dengan materi hidrolisis garam di SMA. Artikel Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN. 1-12.

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Polya, G. (2004). How to Solve It: a new aspect of mathematical method. Princeton University Press.

Purwati .(2015). Efektifitas pendekatan creative problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa SMA, Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1: 39-55.

Putra, F.K.A., & Budihardjo, A.H. (2014). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TKR pada mata pelajaran sistem pengapian konvensional di SMK Negeri 1 Madiun. JPTM. 2(3), 1-8.

Putri, N., Leny, L., & Mahdian, M. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI STOIKIOMETRI. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 3(2), 55-63. https://doi.org/10.20527/jcae.v3i2.340

Rahmawan, A.A., Utomo, S.B., & Sukardjo, J.S. (2016). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar kimia pada materi hukum dasar di SMK Muhammadiyah 2 Sragen. Jurnal Pendidikan Kimia. 5(3), 92-96.

Rijal, M. F., & Rusmansyah, R. (2016). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING & EXTENDING) BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(1), 66-73. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v7i1.3542

Sanjaya, R. E, Muna, K, Suharto, B., & Syahmani. (2017). Self-directed questions to improve students' ability in solving chemical problems. In Development of Chemical Education in 21st Century Learning, AIP Conf. Proc. 1911, 020009-1–020009-6; https://doi.org/10.1063/1.5016002.

Sulistyaningkarti, L., Utami, B., & Haryono. (2016). Penggunaan model pembelajaran problem solving dilengkapi LKS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikn Kimia. 5(2), 1-9.

Sumartini, T.S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STIKIP Garut. 5(2), 148-158.

Syahmani, S., Iriani, R., Leny, Saadi, P., Prasetyo, Y D., Mustarianti, L., Hayati, F., Febrianti, S A. (2023). Pengembangan e-modul fitokimia lahan basah berbasis steam-inkuiri untuk akselerasi kemampuan pemecahan masalah dan literasi sains mahasiswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(2),347-361. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v14i2.14839

Syahmani, S., Rahmatilah, J., Winarti, A., Kusasi, M., Iriani, R., & Prasetyo, Y. D. (2022). Development of guided inquiry lessons based on ethnoscience e-modules to improve students’ problem-solving ability in chemistry class. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 670–682. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.363

Syahmani, Leny, & Iriani, R. (2020). Computer support collaborative learning- restrosynthetic analysis model to improve students’ problem solving ability. Journal of Physics: Conference Series. 1-8. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1422/1/012014

Syahmani, Mahdian, & Ramayanti, Y. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran cooperative problem solving untuk melatihkan keterampilan metakognisi dan pemahaman konsep peserta didik terhadap materi hidrolisis garam. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 155-171. http://dx.doi.org/10.20527/quantum.v10i2.5942

Tikollah, M.R., Hasyi, S.H., & Tangke, S. (2019). Combinations of PBL and ICARE Learning models in Increasing Student learning Activities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 335:530-535. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.85

Triani L., Wahyuni S., Purwanti, E., Hudha, A.M., Fatmawati, D., & Husamah, H. 2018. Pembelajaran I-CARE berbantuan praktikum: Peningkatan problem-solving skills dan hasil belajar siswa pada materi jaringan hewan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA.4: 158-168. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21826

Wahyudin, D. & Susilana, R. 2012. Kurikulum & Pembelajaran: Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Prasetyo, Y. D., Syahmani, S., & Dalu, Z. C. A. (2023). Development of Ethnoscience-Based Organic Chemistry Practicum e-Module to Improve Students' Problem Solving Ability. JURNAL PENDIDIKAN SAINS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SEMARANG, 11(2), 21-29. https://doi.org/10.26714/jps.11.2.2023.21-29

Yumiati, & Wahyuningrum, E. (2015). Pembealajaran ICARE dalam tutorial online untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa UT. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 4(2), 182-189.

Published
2024-12-02
How to Cite
Nisa, S., Syahmani, S., & Hamid, A. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS ICARE PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(3), 149-160. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i3.2582