PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

  • Dinda Fina Sholeha Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Iriani Bakti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: evaluasi online, instrumen soal, soal HOTS, hasil belajar, hidrolisis garam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen soal HOTS berbasis Google Form yang valid dan praktis sebagai alat ukur hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model Borg & Gall. Sampel penelitian ini adalah 5 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM Banjarmasin, 1 orang ahli materi, dan 2 orang guru kimia di SMAN 2 Banjarmasin, serta peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Banjarmasin yang berjumlah 10 orang pada uji coba lapangan awal dan 36 orang pada uji coba lapangan utama. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi, angket uji keterbacaan peserta didik, dan instrumen soal tes. Hasil validasi dari validator menunjukkan bahwa instrumen soal yang dikembangkan sangat valid dengan persentase sebesar 89,20%. Hasil analisis butir soal menunjukkan bahwa hasil validitas isi instrumen soal melebihi 0,40 (kategori valid) dengan reliabilitas 0,89 dan memiliki tingkat kesukaran sedang, serta daya beda soal diterima baik. Hasil analisis kepraktisan menunjukkan bahwa instrumen soal yang dikembangkan sangat baik dengan persentase 90,50% pada uji coba lapangan awal dan 90,40% pada uji coba lapangan utama. Hasil ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa 70% tuntas dan 30% belum tuntas. Sedangkan, hasil ketuntasan belajar peserta didik pada uji coba lapangan utama menunjukkan bahwa 69,44% tuntas dan 30,56% belum tuntas.

References

Agustina, Y., Rizka, & Yuda, M. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPS Terpadu terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Sosiohumaniora Kodepena, 2(2), 200-212.

Alwiyah, U. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 1 Takalar. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen dalam Suatu Penelitian. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(1), 28-36.

Arifin, Z. (2011). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Dewi, P., Elvia, R., & Elvinawati. (2021). Pengembangan Butir Soal HOTS untuk Menguji Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 5(2), 141-148.

Eliza, W., & Yusmaita, E. (2021). Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 5(2), 197-204.

Greogory, R. (2007). Psychological testing: history, principles, and applications (5th ed.). New York: Pearson Education Group, Inc.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Handayani, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Form untuk Ujian Akhir Semester Bagi Mahasiswa PGMI Al Hilal Sigli. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 116-120.

Handayani, R., Sain, U., & Nurhadi, M. (2021). Pengaruh Media Google Form dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 81-90.

Hanifah, N. (2019). Pengembangan Intrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) disekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 1-10.

Iriani, R., Norjanah, I., & Kusasi, M. (2019). The Development of Electronic Publication Module Integrated with Means-Ends Analysis Learning Model to Improve Student's Analytical Thinking Skill in Stoichiometry Materials. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 407, 196-199.

Khaldun, I., Hanum, L., & Utami, S. (2019). Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 132-142.

Maulidiansyah, D., Silitonga, H., & Hamdani. (2018). Pengembangan Tes Diagnostik menggunakan Aplikasi Google Form Materi Momentum dan Impuls untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7), 1-9.

Muchlis, I., & Andromeda. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4(2), 218-225.

Mujib, & Rasyid, M. (2019). Modul Penyusunan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26.

Netri, N., Holiwami, B., & Abdullah. (2018). Development of Test Instruments Based Higher Order Thinking Skills (HOTS) on Chemical Equilibrium at Second Grade in Senior High School. JomFKIP, 5(2), 1-11.

Nopitasari. (2019). Pengembangan Instrumen Soal Berpikir Kritis Berbasis Google Form pada Materi Usaha dan Energi SMA Kelas X. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan.

Nugroho, A. (2018). Pengembangan Ulangan Berbasis Android menggunakan Aplikasi Google Form. Jurnal SITECH: Sistem Informasi dan Teknologi, 1(2), 89-94.

OECD. (2019). PISA 2018: Assesment and Analytical Frame Work: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Putri, Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Berbantuan Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Penataan Produk Kelas XI BDP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(1), 1041-1047.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sa'adah, R., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development). Batu: Literasi Nusantara.

Setiadi, I., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri Berbantuan Media Video pada Hasil Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Banua Science Education, 1(2), 51-54.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trisnowati, A., Bakti, I., & Sholahuddin, A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. JCAE, Journal of Chemistry and Education, 3(3), 126-132.

Utami, T. S., Kusasi, M., & Bakti, I. (2020). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Reaksi Redoks dan Tata Nama Senyawa Menggunakan Model Rotating Trio Exchange (RTE) Berbantuan Media Audio Visual. JCAE, Journal of Chemistry and Education, 4(2), 52-57.

Utami, L. W. (2021). Penggunaan Google Form dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156.
Published
2024-05-11
How to Cite
Sholeha, D., Kusasi, M., & Bakti, I. (2024). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HIGHER-ORDER THINKING SKILLS (HOTS) BERBASIS GOOGLE FORM UNTUK MENGUKUR HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(1), 32-48. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i1.2548