MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

  • Nasrina Wadhhah Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: flipped classroom, hasil belajar pengetahuan, kemandirian belajar, larutan penyangga, mind mapping

Abstract

Telah dilakukan penelitian menggunakan model flipped classroom dengan metode mind mapping pada materi larutan penyangga. Tujuan penelitian meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI MIPA 4 MAN 2 Banjarmasin sebanyak 35 peserta didik Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Variabel yang diteliti yaitu (1) kemandirian belajar, (2) aktivitas guru, (3) aktivitas peserta didik, (4) hasil belajar pengetahuan dan (5) respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 66,45 kategori cukup mandiri pada siklus I menjadi 73,62 dengan kategori mandiri pada siklus II, (2) aktivitas guru mengalami peningkatan dari 45 kategori aktif menjadi 52 dengan kategori sangat aktif, (3) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari 27,82 kategori cukup aktif menjadi 37,08 dengan kategori sangat aktif, (4) hasil belajar pengetahuan peserta didik mengalami peningkatan dari 76,96 kategori cukup menjadi 82,83 dengan kategori baik, (5) respon peserta didik menunjukkan kategori baik. Penggunaan model flipped classroom dengan metode mind mapping pada materi larutan penyangga dapat meningkatkan kemandirian belajar dan hasil belajar pengetahuan peserta didik.

References

Aljena, S. C., Andari, K. D., & Kartini. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127-137.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. United States, America: International Society for Technology in Education .

Choiroh, A. N., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Menggunakan Metode Mind Mapping terhadap Prestasi dan Kemandirian Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 1-5.

Dewi, N., & Purwati. (2018). Menumbuhkan Karakter Ingin Tahu pada Siswa dengan Metode Pembelajaran Sains Kimia Tentang Bahan Tambahan Makanan. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula, 127-137.

Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan Sikap Rasa Ingin Tahu (Curiosity) Siswa pada Pelajaran Fisika Menggunakan Model Flipped Classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 121-130.

Herbert, N. (2017). Using Critical Thingkin Teaching Methods to Increase Student Success: An Action Reseacrh Project. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 29(1), 17-32.

Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30-49.

Lee, M.-K. (2018). Flipped Classroom as an Alternatif Future Class Model?: Implications of South Korea's Social Experiment. Educational Technology Research and Development, 66(3), 1-21.

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A Critical review of Flipped Classroom Challenges in K-12 Education: Posibble Solutions and Recommendation for Future Research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(4), 1-22.

Lubis, H. (2018). Analisis Implementasi Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 2(1), 57-62.

Mirlanda, E. P., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 38-49.

Sastra, E., Yogica, R., & Syamsurizal, R. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Virus di SMA Adabiah Padang. Bioilmi, 6(1), 28-38.

Supanti, S., & Hartutik, I. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Metode Inkuiri. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2031-2038.

Syakdiyah, H., Wibawa, B., & Syahrial, Z. (2019). Flipped Classroom Learning Inovation as an Attempt to Strengthen Competence and Competitiveness of Students in The 4.0 Indstrial Revolution Era. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4), 267-280.

Syam, N. (1999). Mandiri dalam Belajar untuk Hidup yang Terkonsep. Bandung: Indonesia Membaca Pustaka.

Widodo, S. (2017). Peningkatan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru SD Melalui Implementasi Flipped Classroom. Jurnal Euclid, 4(2), 790-798.

Yamada, M., Shimada, A., Okubo, F., Oi, M., Kojima, K., & Ogata, H. (2017). Learning Analytics of The Relationships Among Self-Regulated Learning, Learning Behavior, and Learning Performance. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 13.
Published
2024-05-11
How to Cite
Wadhhah, N., Saadi, P., & Winarti, A. (2024). MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(1), 20-31. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i1.2546