MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI KOLOID

  • Putri Pratiwi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, model pembelajaran STAD

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkannya pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) pada materi koloid. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 10 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif meliputi tahap pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan tes hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 64,24 dan tergolong rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 97,56 kategori sangat tinggi. Tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 70 kategori tinggi dan terjadi peningkatan pada siklus II adalah 80 kategori sangat tinggi, hasil observasi kemampuan berpikir kritis pada siklus I adalah 9,58 kategori cukup baik dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 15,05 kategori sangat baik. Respon peserta didik juga menunjukkan kategori setuju, dengan demikian model pembelajaran STAD dapat membantu pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

References

Barokah, S., Badarudin, & Eka, K. I. (2020). Penggunaaan Pembelajaran STAD dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1), 149-161. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/download/24776/15082/42261

Nurjannah, & Kistian, A. (2020). Analisis Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri Suak Timah Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Bina Gogik, 7(1), 79-89. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1663410

Purwanti, S., & Putri, R. Z. (2021). Pengembangan Modul Berbasis HOTS pada Tema 6 Materi Membandingkan Siklus Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School Journal, 8(1), 155-160. https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.php/sittah/article/view/422

Ratman, Nurafni, Mustapa, K., Jura, M. R., Nurida, & Nurasiah. (2022). Identification of Student Misconception using a Three-tie Diagnostic Test on Colloid. Jurnal Akademika Kimia, 11(2), 129-133. https://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jak/article/view/656

Wiryanto, Ainurrohmah, I., & Yasin, F. N. (2021). Keterlaksanaan Kurikulum 2013 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Masa Pembelajaran Online Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Pendidikan, 7(3), 186-193. https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/16370
Published
2024-04-17
How to Cite
Pratiwi, P., Mahdian, M., & Saadi, P. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI KOLOID. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 7(1), 1-9. https://doi.org/10.20527/jcae.v7i1.2544