KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

  • Sri Annisa Elmina Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Parham Saadi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Mahdian Mahdian Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Quantum teaching, daring, motivasi belajar, hasil belajar peserta didik

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan daring terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan daring terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam, (2) keefektifan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam, (3) respon peserta didik terhadap model pembelajaran Quantum Teaching pada materi hidrolisis garam. Metode yang digunakan yaitu pra-experiment dengan rancangan one shot case study. Sampel yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas XI PMIA 2. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non-tes dengan membagikan angket dan observasi yang dianalisis dengan analisis deskriptif serta analisis inferensial dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan daring yang ditunjukkan dengan nilai signifikan di bawah nilai probabilitas (0,000 < 0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan daring efektif terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam.

References

Andriani, S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SDN Mayangan 6 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan (JPPI), 10(1), 101-118.

Budiariawan, I. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103-111.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Motivasi Belajar Sisiwa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 123-140.

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Destiana, A., Khaldun, I., & Fazlia, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi di kelas XI SMA Unggul Negeri 2 Boarding school Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(2), 91-98.

Dewi, R. C., Desyandri, & Miaz, Y. (2018). Penerapan Model Quantum teaching untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 6(2), 38-49.

Fauzi, A. M., & Noviartati, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(3), 240-248.

Hakim, N. (2018). Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI/SD Kelas II B Tema 6 Subtema 3. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 1(2), 80-91.

Ibrahim, Don, Y., Marwan, & Sufriadi. (2020). Tantangan Guru/Dosen dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Medan: Sefa Bumi Persada.

Lubis, H. (2018). Analisis Implementasi Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 2(1), 57-61.

Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Koloid di Kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin. Journal of Chemistry and Education (JCAE), 1(3), 209-217.

Pebriana, P. H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 009 Bangkinang. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 64-73.

Sardiman. (2014). Interaksi & Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiarto, D. H., Suryadi, B. U., Nugroho, A. C., & Paerah. (2017). Penerapan Model Quantum Teaching untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 6(1), 24-30.

Susanti, S. (2017). Upaya Meningkatkan sikap Percaya Diri dan Prestasi Belajar IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan Melalui Model Pembelajaran Quantum. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 9(2), 72-75.

Suyantini, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untik Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IXE Semester Ganjil SMP Negari 2 Kubu Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal IKA, 17(1), 69-79.

Wardani, N. M., Haris, I. A., & Tripalupi, L. E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Dasar-dasar Akuntansi Siswa Kelas X AK di SMKN 1 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 263-272.
Published
2024-04-16
How to Cite
Elmina, S., Saadi, P., & Mahdian, M. (2024). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN DARING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(3), 139-146. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i3.2542